Pemkab Serang Siapkan Dana untuk Tingkatkan Kualitas Guru

oleh -
Pelatihan guru di Kabupaten Serang.(kie)
Pelatihan guru di Kabupaten Serang.(kie)
Pelatihan guru di Kabupaten Serang.(kie)

Palapa News- Dinas Pendidikan Kabupaten Serang menunjukkan komitmen sangat besar terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan dasar dengan mendukung penuh pelatihan yang dilaksanakan USAID PRIORITAS.

“Hari ini CTL untuk SMP selesai. Minggu depan kita siapkan pelatihan PAKEM untuk guru-guru, kepala sekolah, dan pengawas tingkat SD,” ungkap Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, Elis Yulaeti usai acara pelatihan CTL Putaran kedua untuk guru-guru SMP sekolah mitra USAID PRIORITAS di Kecamatan Ciruas dan Petir, Kabupaten Serang hari Senin (29/9/2014).

Pelatihan CTL Putaran Kedua ini terdiri dari pemberian materi mengenai pembelajaran selama 3 hari dan 1 hari praktik mengajar di hari terakhir. Praktik ajar dilaksanakan di 3 sekolah yaitu SMPN 1 dan 2 Petir, serta MTsN Nurul Falah Pesanggrahan.

“Kita data siapa saja guru yang tidak ikut pelatihan hari ini, nanti kita panggil untuk menjelaskan alasan ketidakhadirannya,” katanya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Serang dalam setahun terakhir sangat giat mengadakan pelatihan guru untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013. Tercatat sudah 2100 guru dari seluruh 178 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Serang mengikuti pelatihan pembelajaran kontekstual yang diterapkan dalam Kurikulum 2013.

“Pelatihan seperti ini adalah investasi sumber daya manusia. Kita dilatih dua-tiga hari, tapi dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, kita jadi bisa melaksanakan pembelajaran yang menciptakan perubahan,” ujarnya.

Bappeda Kabupaten Serang juga mendukung kegiatan peningkatan kapasitas guru. Tidak kurang dari Rp 165 juta telah dianggarkan untuk belanja langsung Dinas Pendidikan di tahun 2014, dengan sebagian di antaranya untuk penyelenggaraan pelatihan guru.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya menuturkan Pola pelatihan seperti yang yang diselenggarakan oleh USAID PRIORITAS ini ending point-nya adalah peningkatan kualitas hasil belajar anak.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Serang kami menyambut baik dan memberikan dukungan yang sekuatnya untuk pelaksanaan program USAID PRIORITAS,” terangnya.(kie)

Komentar Anda

comments