Pemkot Tangerang Inginkan Aset Menkumham

oleh -

KOORDINASI ASET PEMKOT TANGERANGPalapa News- Aset daerah merupakan sumber daya penting bagi pemerintah daerah sebagai penopang utama pendapatan asli daerah ataupun untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan prima kepada masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah daerah untuk dapat mengelola aset dengan baik.

Hal ini disampaikan Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah saat menghadiri Rapat Koordinasi terkait Aset di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan, Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat, Selasa (13/05).

Arief mengatakan, Kota Tangerang yang merupakan daerah pemekaran tentunya mempunyai keterbatasan dengan kepemilikan aset, khususnya keberadaan gedung-gedung pemerintahan maupun lahan. Dengan keterbatasan itulah, Pemkot Tangerang terus berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan selaku pengelola aset Negara serta Kementeriaan Hukum dan Hak Asasi Manusia selaku pemilik lahan yang berada di wilayah Kota Tangerang.
“Kami tak ingin gegabah soal aset. Semua harus berdasarkan aturan dan tidak boleh menyalahi aturan,” paparnya. seraya menambahkan pengelolaan barang dan aset daerah  yang sesuai dengan peraturan merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance), selain juga sebagai bagian dari pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Perlu diketahui, di sekitar Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dan di beberapa lokasi lainnya terdapat beberapa hektar lahan milik Kemenkumham, baik yang di kosong maupun tengah digarap. Namun, keberadaannya tak dapat dikelola ataupun digunakan oleh Pemkot Tangerang. Padahal Kota Tangerang sangat membutuhkan lahan-lahan tersebut guna penataan dan pembangunan berbagai sarana serta prasarana seperti  ruang terbuka hijau dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas positif masyarakat.

“Pengembangan Kota Tangerang menuju kota yang maju, mandiri, dinamis dan sejahtera tentunya akan dapat teralisasi jika turut didukung dengan keberadaan sarana serta prasarana yang representatif,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Infomasi, Kemenkeu, Encep Sudarwan mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya Pemkot Tangerang untuk dapat mengelola lahan-lahan atau fasilitas lainnya yang berada di wilayah Kota Tangerang.

“Kami akan segera koordinasikan dan tindaklanjuti permohonan ini kepada pihak Kemenkumham selaku pemilik aset,” terangnya seraya menuturkan kami akan mengupayakannya apalagi upaya yang dilakukan Pemkot Tangerang ini untuk lebih mendukung penyelenggaraan pemerintahan terutama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.(nai)

Komentar Anda

comments