Arief Minta Virus Mers Disosialisasikan

oleh -

EVALUASI CAMAT DAN LURAH KOTA TANGEANGPalapa News – Munculnya virus gangguan pernafasan yang dinamakan Middle Eeast Respiratory Syndrome (Mers) yang terjadi di Arab Saudi menjadi perhatian bagi Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Untuk itu, orang nomor satu di Kota Tangerang tersebut langsung meminta kepada Camat, Lurah, Kepala Puskemas dan SKPD terkait untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Informasikan agar masyarakat tetap waspada dengan munculnya penyakit baru ini,” ujarnya saat Memberikan Arahan Pada Rapat Koordinasi Bulanan Camat, Lurah,Kepala Puskesmas, Kepala UPTD Pendidikan dan SKPD bertempat di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Senin (12/05).

Dikatakan Arief, dengan adanya Bandara Internasional Soekarno Hatta sebagai pintu gerbang masuk ke Kota Tangerang tentunya menuntut kita untuk lebih responsif dan waspada karena virus penyebab penyakit ini berasal dari Arab Saudi yang mana banyak dari jamaah Indonesia melaksanakan umroh ke tanah suci. Oleh karenanya, Walikota mengharapkan agar dinas terkait dapat melakukan sosialisasi dan memberikan edaran kepada pihak Bandara, agen-agen travel perjalan umroh untuk mewaspadai virus Mers tersebut.

“Berikan surat edaran kepada pengelola hotel di sekitar Bandara yang kerap dijadikan transit para jamaah umroh untuk meningkatkan kewaspaan terhadap penyebaran virus Mers,”pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang,  Rostiwie mengatakan, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada Puskesmas di se-Kota Tangerang terkait penyakit Mers ini. Dipaparkannya bahwa untuk mengenali gejala Mers ini diantaranya flu, demam dan batuk yang disertai dengan kesulitan bernafas. Penularannya melalui cairan penderita yang terkena  batuk atau bersin dimana penularannya secara tidak langsung.

“Untuk menghindari virus Mers itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang utama adalah rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik, mempraktikkan etika batuk dan bersin yang baik dengan menutup mulut dan hidung dengan tangan,” jelasnya.(nai)

Komentar Anda

comments