Walikota Tangerang Sidak Sampah

oleh -

Walikota Tangerang Sidak SampahPalapa News – Sampah menjadi perhatian yang sangat serius bagi Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah. Sebab, sampah menjadi salah satu permasalahan di kota besar dan kota metropolitan. Tapi, di Kota Tangerang sendiri penanganan masalah sampah telah dilakukan secara komprehenship dan berkesinambungan. Hal tersebut telah dioptimalkan dengan berbagai program yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang melalui sinergitas antara Pemkot dan elemen masyarakat.

“Di Kota Tangerang, sampah tidak menjadi masalah karena selain penyediaan lahan tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing, Pemkot melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) selalu concern dalam mengatasi masalah sampah,” ujar Walikota Saat Inspeksi Mendadak (Sidak) Armada Truk Sampah yang sedang mengangkut tumpukan sampah di Jl. Benteng Betawi Kota Tangerang, Rabu (08/12).

Dikatakannya bahwa setiap harinya sampah yang dihasilkan oleh masyarakat kota Tangerang sebanyak 1.500 ton sampah. Dengan kemampuan 165 armada truk, sampah di kota Tangerang dapat diangkut ke TPA Rawa Kucing hingga mencapai 1.000 ton sampah. Hal tersebut setelah dilakukannya pengangkutan sampah sebanyak dua kali oleh masing-masing armada. “Untuk mengantisipasi tumpukan sampah yang berada di berbagai jalan protokol, maka DKP pun telah menyiapkan armada dan mengantisipasi dengan melakukan sweeping sampah-sampah yang ada,” tegasnya.

Pemkot Tangerang juga terus mengoptimalkan pengangkutan sampah yang ada, bahkan  sistem pengelolaan sampah yang selama ini sudah dilakukan dengan melibatkan berbagai kelompok masyarakat melalui program penerapan bank sampah yang sudah berjalan. Walaupun belum secara menyeluruh dimana target program 1000 bank sampah saat ini yang sudah berjalan baru mencapai sekitar 175 titik dari rencana 300 titik di tahun 2013. Sehingga beberapa timbulan sampah yang masih terjadi di beberapa jalan seperti sidak yang dilakukan oleh walikota Tangerang itu merupakan proses penyadaran masyarakat agar terus mengoptimalkan program bank sampah yang sudah menjadi program Pemkot.(nai)

Komentar Anda

comments