Srilanka Belajar Keuangan ke Kota Tangerang

oleh -

Kunjungan Kerja Srilangka ke Kota TangerangPalapa News – Biasanya Kota Tangerang mendapatkan kunjungan kerja dari kota, kabupaten atau provinsi di Indonesia untuk mengetahui dan belajar atas prestasi yang telag diraih oleh Kota Tangerang. Tapi, kali ini Kota Tangerang mendapatkan kunjungan kerja dari negara Srilanka, salah satu negara yang ada di Asia.

Kunjungan yang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Srilanka yang dipimpin oleh Mr Patti Mohandiramla Gedara Mahamood Rahamathul Malik beserta rombongan yang berjumlah 27 orang ini merupakan lawatan perdana bagi mereka ke Indonesia dalam rangka Program of Srilanka Delegation Visit to Indonesia. Selain mengunjungi Kota Tangerang rencananya dalam kunjungan lima hari ini mereka juga akan mengunjungi Bekasi, Bogor dan Bandung.

Mr Patti Mohandiramla mengatakan, sangat senang sekali dapat berkunjung sekaligus memperoleh tambahan ilmu terkait pengelolaan pemerintahan kota, khususnya dalam pengelolaan keuangan maupun lingkungan. Apalagi setelah mendengar serta melihat program-program yang telah dijalankan Pemkot Tangerang yang membuahkan hasil positif bagi masyarakatnya serta raihan berbagai prestasi dari pemerintah pusat.

“Kami akan coba terapkan apa yang telah kami peroleh hari ini,” paparnya seraya menambahkan bahwasanya kerjasama kedua Negara antara Indonesia dan Srilanka telah terjalin dengan baik selama ini, dan kedepannya kami harap dapat semakin meningkat diberbagai sektor pembangunan.  Salah satunya dengan Kota Tangerang ini.

Plt Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang menerima secara langsung delegasi Srilanka mengatakan, Kota Tangerang adalah kota yang strategis mengingat letaknya dekat pusat Kota Jakarta. Bukan hanya sebagai kota penyangga akan tetapi Kota Tangerang juga telah menjadi daerah mandiri, yang mampu menjadi daya tarik bagi para pencari kerja dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

Oleh karena itu, dengan berbagai potensi yang dimiliki Kota Tangerang, Pemkot Tangerang terus membangun dan memaksimalkan seluruh potensi yang ada baik sumber daya manusia maupun sektor-sektor potensial seperti industri, perdagangan serta jasa. “Program-program pembangunan yang ada kami tujukan semua untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Plt. Walikota turut menjalaskan kiat-kiat mengelola keuangan yang akuntabel dan transparan, sehingga memperoleh penghargaan WTP enam kali berturut-turut serta program-program Pemkot terkait lingkungan  seperti penghijauan, langit biru, Car Free Day.

Delegasi Srilanka juga tertarik dengan upaya Pemkot dalam mengurangi kadar karbondioksida (CO2) dengan penanaman Pohon Trembesi (Albizia Saman) atau dikenal sebagai Pohon Hujan.  Mereka memuji langkah Pemkot karena menurut mereka Pohon Trembesi dapat mengurangi kadar polusi udara.(nai)

 

Komentar Anda

comments