Melanggar, Panwaslu Tangsel Semprit 60 Caleg

oleh -
banner 300250
LIRA Bedah PKPU No 15 Tahun 2013
LIRA Provinsi Banten saat Bedah PKPU No 15/2013 dengan Panwaslu dan KPU Kota Tangsel.

Palapa News- Sedikitnya 60 calon legislatif baik caleg DPRD Kota Tangsel, DPRD Provinsi Banten dan DPR RI dari berbagai partai politik sudah mendapat peringatan dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat. Mereka di-warning lantaran melakukan berbagai pelanggaran Pemilu.

Ketua Panwaslu Kota Tangsel Engelhartia Bhayangkara mengatakan mayoritas caleg ini melanggar aturan soal atribut kampanye. Pasalnya, atribut kampanye ke-60 caleg tersebut dipasang di daerah terlarang.

“Kita sudah beri peringatan kepada 60 caleg yang melakukan pelanggaran. Jika masih melakukan pelanggaran, maka sanksi akan lebih berat. Jika masih melakukan pelanggaran selama lima kali berturut-turut, maka kami bisa mengajukan rekomendasi ke KPU untuk mencoret nama caleg itu dari DCT (Daftar Caleg Tetap),” kata Engel kepada wartawan usai diskusi dengan Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) di Ciputat, Selasa (8/10).

Ditambahkan Engel, kasus pelanggaran ke-60 caleg itu ditangani Panwaslu Kota Tangsel dari periode Maret hingga September. Hingga saat ini, diakuinya bahwa ke-60 caleg tersebut belum kedapatan kembali melakukan pelanggaran serupa. “Kita sudah peringatkan kepada ke-60 caleg itu. Kita tidak bisa main-main dengan aturan,” katanya seraya mengaku ke-60 caleg itu berasal dari 12 parpol.

Di lokasi yang sama, Ketua KPU Kota Tangsel M Subhan mengatakan pihaknya terus menyosialisasikan Peraturan KPU No 15 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye. Meski begitu, Subhan menyayangkan regulasi tersebut terbit tanpa dibarengi dengan sanksi tegas di dalamnya. “Tak ada sanksi memang di dalam aturan itu,” katanya.

Meski begitu, ada dua sanksi tegas yang dapat menjerat pelanggar. Selain pencabutan DCT juga dapat dilakukan pencoretan jumlah penghitungan dalam proses pemilihan.

“Tetapi itu semua dapat diberlakukan setelah menunggu keputusan pengadilan yang tetap,” kata Subhan.(one)

Komentar Anda

comments