Tangsel Luncurkan Layanan Kesehatan Gratis

oleh -

RSUD TANGSEL GratisPalapa News – Mulai 1 September 2013, biaya berobat warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Rumah Sakit Umum (RSU) setempat ditanggung pemerintah daerah alias gratis.

Syaratnya sangat mudah, warga hanya perlu menunjukkan e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan membawa surat rujukan dari Puskesmas.

“Ini untuk mendukung masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan kemudahan dalam bidang kesehatan. Fasilitasnya tak kalah dengan rumah sakit swasta,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Saat ini, kata Airin, Kota Tangsel sudah memiliki 25 Puskesmas yang tersebar di tujuh kecamatan. 21 Puskesmas di antaranya dilengkapi ruang rawat inap. Diakuinya, Pemerintah Kota Tangsel menargetkan terus membangun Puskemas di sejumlah daerah hingga jumlahnya mencapai 35 unit.

“Kita juga upayakan setiap kecamatan memiliki Puskesmas tingkat pratama. Hal ini agar jumlah pasien di RSU Kota Tangsel tidak membludak,” tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Dadang menambahkan Pemkot Tangsel menganggarkan Rp4,1 miliar setiap tahunnya sebagai dana untuk program gratis pelayanan kesehatan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat.

“Kami mengoptimal penataan pelayanan dari puskesmas hingga RSU. Pelayanan gratis juga mengoptimalkan dengan sistem preventif promotif, yakni dengan menerapkan sistem layanan rujukan dari Puskesmas,” katanya.(iwa)

Komentar Anda

comments