KPU Banten Akan Bentuk Tim Investigasi

oleh -

Aksi Demo Massa Pendukung Arief di KPU BantenPalapa News – Menanggapi tuntutan aksi demo masa pendukung Arief – Sachrudin terhadap keputusan KPU Kota Tangerang, Ketua KPU Provinsi Banten Agus Supriatna mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengkaji hasil putusan KPU Kota Tangerang, dan akan melakukan konsultasi dengan KPU Pusat apakah putusan KPU Kota Tangerang sudah benar atau tidak.

Bahkan Agus mengatakan pihaknya menilai, saat ini KPU Kota Tangerang tengah dilaporkan masyarakat karena ketidakprofesionalan KPU Tangerang dalam proses tahapan pemilukada.

“Setelah kita menerima laporan dari masyarakat Kota Tangerang kita akan membentuk tim untuk melakukan investigasi ke lapangan terhadap masalah-masalah ini. Selain itu, kami juga akan meminta berkas kepada KPU Kota Tangerang,” katanya.

Dijelaskan Agus, kewenangan KPU Banten apabila mengambil alih KPU Kota Tangerang berdasarkan UU no 15 tahun 2011, apabila putusan Bawaslu menyatakan jika KPU kabuaten/Kota tidak bisa menjalankan tahapan pemilu. Maka KPU Kota Tangerang bisa memberhentikan sementara.

“Kalau amar putusan bawaslu harus mengambil alih, maka kita ambil alih, atau ada putusan ruang lain. Misalnya, kalau KPU melakukan kesalahan kode etik maka dilaporkan ke Dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP), apabila keputusan KPU melanggar norma hukum maka dilaporkan ke PTUN, sedangkan apabula terjadi sengketa pilkada maka dilaporkan ke Bawaslu,” katanya.(btd/ndo)

Komentar Anda

comments