Takjilan Berpewarna Tekstil Ditemukan di Ciputat

oleh -

tes laboratorium makananPalapa News- Warga Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), sebaiknya hati-hati dalam memilih penganan takjil untuk berbuka puasa. Pasalnya, di Ciputat ditemukan bahan takjilan mengandung pewarna tekstil.

Berdasarkan hasil laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Serang, sejumlah bahan penganan takjilan seperti cincau, pacar cina pink dan pacar cina tiga warna, mengandung zat berbahaya, yakni Rhodamine B dan metanil Yellow.

“Rhodamine B dan Metanil Yellow ini biasanya digunakan sebagai campuran untuk pewarna tekstil,” kata Seksi Pemeriksaan, Penyidikan dan Layanan Konsumen Badan POM Serang, Dianing Pratiwi, Rabu (24/7/2013).

Ia meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih penganan. Soalnya, meski efek tidak dirasakan secara langsung, mengonsumsi zat berbahaya tersebut bisa saja menimbulkan penyakit dikemudian hari.

“Bahan makanan mengandung pewarna tekstil biasanya warnanya lebih terang. Banyak perbedaannya dengan bahan makanan yang tidak menggunakan pewarna,” kata dia.(awa)

Komentar Anda

comments