Awas, Marak Makanan Mengandung Zat Berbahaya

oleh -

Sidak Disperindag Pasar CiputatPalapa News- Masyarakat harus waspada dan hati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya, masih banyak beredar pengangan mengandung bahan berbahaya, seperti Boraks, Rhodamin B, Metanil Yellow dan lainnya.

Dari 20 sample yang diuji laboratorium dalam inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan, ditemukan sebanyak 6 jenis bahan makanan terindikasi kuat menggunakan bahan berbahaya.

Keenam bahan makanan yang menggunakan zat berbahaya itu antara lain garam kuning mengandung Boraks, tahu putih besar dan mie kuning basah mengandung Formalin, kerupuk pasir merah dan pacar cina warna pink mengandung Rhodamine B, serta terakhir Metanil Yellow terdapat pada pacar cina tiga warna.

“Tahun 2013 ini sebenarnya ada penurunan. Kalau tahun lalu, berdasarkan uji coba terhadap 20 sample, bahan makanan yang tidak lulus uji sebanyak 17 jenis,” kata Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhamad.

Sidak tersebut, melibatkan Disperindag Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Satpol PP, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Serang.(awa)

Komentar Anda

comments