Jadi Sumber Bau, Warga Ancam Tutup TPA Cipeucang

oleh -

Bau Sampah di TPST CipeucangPalapa News- Warga yang mengatasnamakan Forum Warga Cipeucang mengancam bakal menutup paksa TPA Cipeucang. Ini terjadi lantaran hingga saat ini pengelolaan air lindi TPA yang menjadi sumber bau, belum ditangani maksimal.

“Pemerintah harus segera menangani pengolahan air lindi (leanchet) TPA Cipeucang. Masyarakat Cipeucang hingga saat ini masih mengeluhkan bau,” kata Ketua Forum Warga Cipeucang, Endang Sugianto saat mendatangi kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel, Senin (22/4/2013).

Kedatangan Forum Warga Cipeucang ini ke kantor BLHD, menurutnya untuk mempertanyakan sejauh mana penanganan permasalahan tersebut. “Kalau nggak beres-beres kita akan tutup paksa,” tegasnya.

Masalah lindi TPA Cipeucang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup, makanya warga mendatangi BLHD Kota Tangsel karena merupakan kewenangan serta tugas pokok dan fungsi perangkat daerah ini.

Namun begitu, Endang mengaku tak mendapat jawaban pasti dari pejabat BLHD. Menurutnya, pejabat di BLHD menerangkan bahwa penanganan masalah sampah di TPA Cipeucang serta pengelolaannya menjadi tugas dan tanggungjawab dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangsel.

“Itu atas desakan Komisi 4 (DPRD Kota Tangsel) saja katanya,” ujar Endang saat disodorkan pertanyaan terkait ekspose pengolahan TPA Cipeucang. “DED dibuat oleh BLHD atas desakan Komisi 4. Bukan atas dasar niatan sendiri,” terangnya.

Endang mengaku, warga semakin bingung dengan jawaban yang diperoleh dan bahkan merasa seperti diping-pong. Padahal, warga hanya menginginkan pengelolaan lindi yang hanya berjarak 300 meter itu dapat terkelola dengan baik.

“Kita kan nggak bisa nyetop air hujan, sementara bak air lindi sudah penuh.  Mintanya mah di sedot ajalah, warga Serpong-Kademangan sudah mau membantu pemerintah yang mau buang sampah, tapi ya tolong dikelola dengan baik,” klaimnya.(ymw)

 

Komentar Anda

comments