Pelaku Industri Rumahan Pamer Produk di Beijing

oleh -

Industri RumahanPalapa News – Pelaku industri rumahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diberi kesempatan untuk memamerkan produknya di Beijing, Cina. Namun, untuk pergi ke negeri tirai bambu itu, pelaku industri rumahan ini harus diseleksi terlebih dahulu.

“6000 pelaku industri rumahan yang terdata saat ini dalam proses seleksi untuk mengikuti pameran di Beijing,” kata Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhammad, Kamis (18/4/2013).

Salah satu poin yang menjadi penilaian seleksi ini, kata Muhamad, yakni kualiats barang dan juga kuantitas dan kontiunitas barang-barang yang dibuat.

“Dengan begitu, ada jaminan bahwa barang-barang yang akan dipamerkan tersebut akan bertahan dan dapat memenuhi pesanan apabila nantinya ada yang tertarik,” katanya.

Pihaknya saat ini memang sedang fokus untuk memaksimalkan sektor usaha kecil menengah. Ini mengingat di Kota Tangsel sudah tidak diperkenankan lagi adanya industri skala besar karena keterbatasan lahan yang ada.

“Jadi kami garap usaha kecil menengah saja agar lebih maksimal,” katanya.

Menanggapi itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Tangsel, Siti Chadijah mengatakan pihaknya mendukung langkah-langkah pengembangan usaha kecil menengah, termasuk juga pembinaan terhadap warga Kota Tangsel untuk dapat mandiri dalam berwiraswasta.

“Tahun 2013 sudah digelontorkan dana Rp 2,5 miliar untuk pengentasan pengangguran. Dalam artian anggaran itu digunakan untuk memberikan pelatihan kepada 550 orang agar memiliki kemampuan wiraswasta,” katanya.

Atas kondisi ini Siti berharap agar dinas terkait memang benar-benar fokus untuk merealisasikan rencana besar memajukan wiraswasta di Tangsel. Salah satunya dengan laporan berkala terkait dengan sukses atau tidaknya program tersebut.(kie)

Komentar Anda

comments