Jalur Ganda KA Serpong-Parung Panjang Diresmikan

oleh -

Rel Ganda Serpong ParungPalapa News – Jalur ganda kereta api (KA) Serpong-Parung Panjang mulai dioperasikan, Rabu (17/4/2013). Peresmian dilakukan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang.

Diketahui, elektrifikasi jalur tunggal Parung Panjang-Maja dan peresmian pengoperasian KRL Kerjasama Jerman-Indonesia ini akan melayani lintas Tanah Abang-Parung Panjang-Maja.

“Jalur ini merupakan jalur yang diandalkan masyarakat Banten untuk pulang balik ke Ibukota, hingga saat ini jumlah penumpang per hari yang diangkut mencapai 69.350 orang,” kata Dirjen Perkereta Apian, Tundjung Inderawan.

Pembangunan jalur ganda KA Serpong-Parung Panjang-Maja, kata dia, untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, mempercepat waktu tempuh dan meningkatkan kapasitas lintas KA.

“Awalnya kapasitas lintas tercatat 101 KA per hari kini menjadi 128 KA per hari ini bisa mengurangi kepadatan jalan raya,” tuturnya lagi.

Sejak tahun 2006 hingga saat ini, Dirjen Perkeretaapian sudah melaksanakan program pengembangan atau pembangunan prasarana. Pada 2007 juga telah menyelesaikan jalur ganda KA Tanah Abang-Serpong sepanjang 22,7 KM dan dilanjutkan dengan pembangunan jalur ganda KA dan elektrifikasi jalur KA Serpong-Parung Panjang-Maja sepanjang 33 KM.

Sementara itu, Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiah meminta kepada pihak perkeretaapian untuk bisa melakukan pengembangan jalur-jalur baru di wilayah Banten.

“Kereta Api merupakan akses yang terjangkau masyarakat, maka kami berharap terus dikembangkan sehingga dapat mengurangi beban jalan darat,” ucapnya.(sd/awa)

Komentar Anda

comments