Pemkot Tangerang Bangun Bank Central Sampah

oleh -

Bank SampahPalapa News – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bakal membangun Bank Central Sampah (BCS) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari.

“Akan dibangun BCS untuk memudahkan mekanisme bank sampah yang saat ini sudah ada di lingkungan RT dan RW,” kata Wakil Walikota Tangerang, Arief R Wismanyah, Rabu (17/4/2013).

Pembangunan BCS, kata dia, merupakan bentuk inovasi Pemkot Tangerang yang terus melakukan penanganan sampah. Bahkan, melalui program 1000 bank sampah, saat ini Pemkot sudah memiliki 120 bank sampah yang tersebar di kota akhlakul karimah ini.

”BCS juga akan menampung sampah-sampah yang dipilah oleh tenaga kebersihan saat berada di armada pengangkut sampah,” ujarnya.

Wakil Walikota juga berharap agar masyarakat dapat terus menumbuhkan kesadaran dalam membangun lingkungan yang bersih dan sehat.

“Dengan adanya bank sampah, ke depannya sampah yang akan dibuang ke TPA akan semakin berkurang  karena telah direduksi di bank sampah. Sehingga anggapan sampah adalah masalah, akan berubah menjadi sampah adalah berkah,” katanya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang, Agus Sudrajat menambahkan BCS tersebut dibangun untuk menampung sampah-sampah  non-organik yang dipilah oleh para kenek armada.

“BCS ini dibuka setiap hari dari jam 08.00 s/d 17.00 dimana hampir 30 orang setiap harinya mampu memberikan hasil sampah yang telah dipilah,” tandasnya.(her)

Komentar Anda

comments