International Lion Dance Championship Digelar di Living Word

oleh -

LIWOPalapa News – Sebanyak 19 grup dipastikan akan berkompetisi meramaikan FOBI Internasional Lion Dance Championship atau Kejuaraan Barongsai Internasional pertama di Indonesia yang disahkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Peserta berasal dari enam negara yakni; Singapura, Malaysia, Cina, Hongkong, Taiwan, termasuk Indonesia.

Kejuaraan yang memperebutkan total hadiah senilai 13,500 USD ini, digelar dua hari, Sabtu (20/04/2013) dan Minggu (21/04/2013) di West Atrium Living Word, Alam Sutera, Kota Tangerang Selatan, Banten. Beberapa peserta dalam kejuaraan ini, merupakan tim yang memenangkan Juara dunia 2009, Juara Dunia Genting 2012 dan Juara Nasional di Indonesia.

“Living Word bekerjasama dengan FOBI (Federasi Olahraga Barongsai Indonesia) mengadakan kejuaraan ini, yang merupakan kejuaraan pertama di Indonesia. Hal ini sebagai bentuk kepedulian akan seni dan budaya,” ungkap Vennisia, Chief of Public relations & Publication, Living World, Alam Sutera, saat Press Conference, Rabu (10/04/2013).

Selain kejuaraan Barongsai, acara juga dimeriahkan dengan hiburan kesenian seperti tari daerah dan permainan alat musik tradisional Angklung.

Haris Chandra, ketua pantia penyelenggara mengatakan dengan adanya event kejuaraan ini, diharapkan dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat luas, bahwa Barongsai sudah resmi menjadi salah satu olahraga yang diresmikan oleh KONI. Dan FOBI sebagai lembaga yang menaungi kesenian Barongsai Indonesia.

“Sejak Februari 2013 Barongsai resmi menjadi anggota KONI dan sudah menjadi salah satu cabang olahraga nasional,” jelasnya.

Dari kejuaraan ini, lanjutnya, diharapkan menjadi ajang persiapan bagi para pelaku olahraga Barongsai di tanah air, mulai dari atlet, pelatih, pembina, dan pengurus daerah untuk lebih bersiap diri dalam rangka menyambut rencana Barongsai untuk dipertandingkan pada PON (Pekan Olahraga Nasional) 2016 di Jawa Barat.

“Kejuaraan Barongsai Internasional kali ini lanjutnya, juga menjadi ajang uji coba bagi PB FOBI sebelum kami mengajukan diri untuk menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah penyelanggaraan Kejuaraan Dunia Barongsai ke-5 IDLDF (International Dragon and Lion Dance Federation),” tambah Chandra. Rencananya, perwakilan dari IDLDF sebagai organisasi dunia resmi yang menaungi olahraga Barongsai akan hadir saat pertandingan.(bud)

Komentar Anda

comments