BLK Buka Peluang Penganggur Magang di Jepang

oleh -
Ilustrasi.(bbs)

BLK Kota TangselPalapa News – Bagi anda yang berusia 20-25 tahun dan belum memiliki pekerjaan, magang di Jepang mungkin bisa menjadi pilihan tepat.

Sejumlah perusahaan asal Jepang, difasilitasi Balai Latihan Kerja Provinsi (BLK) Provinsi Banten membuka kesempatan kerja bagi masyarakat lulusan SLTA yang berminat mengikuti magang di Jepang.

Demikian dikatakan Kasi Pengembangan dan Pemasaran BLK Provinsi Banten, Joko Sukamto di Serpong, Kota Tangsel, Senin (1/4/2013).

Ia menambahkan, program magang di Jepang tersebut dibuka sejak April ini. Jika calon pemagang telah memenuhi kuota sebesar 300 peserta, maka pendaftaran bakal ditutup.

“Kemungkinan kuota peserta sama dengan tahun lalu, sebanyak 300 peserta. Nantinya, ke-300 peserta ini akan mengikuti beberapa tahap seleksi yang cukup ketat,” katanya.

Seleksi tersebut, kata dia, pra bahasa (Jepang) selama dua bulan di BLK Lampung dan seleksi lab bahasa di BLK Luar Negeri Bekasi selama dua bulan.

“Seleksinya ketat, ada medical checkup juga. Tahun kemarin, dari 300 peserta yang lolos hanya 12 peserta. Ke-12 peserta inilah yang diberangkatkan ke Jepang,” tandasnya.

Ia menambahkan, ada ketentuan lain yang diberlakukan perusahaan di Jepang, yakni calon pemagang tidak boleh memiliki tato dan bertindik.

“Memang seleksinya sangat ketat. Kalau lolos seleksi. Selama tiga tahun dapat dikontrak kerja di Jepang dan memperoleh pendapatan yang besar,” terangnya.

Biasanya, peserta yang lolos bakal dipekerjakan di bagian industri mesin dan manufaktur. “Karena keahlian dan kemampuan itu sangat mahal harganya,” katanya.(awa)

Komentar Anda

comments