100 Developer Bersaing di Kompetisi XL GameHack

oleh -

XL GAMEHACKPalapa News – Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjadi lokasi ajang kompetisi XL GameHack yang memiliki konsep sama dengan hackaton. Kompetisi yang berlangsung dua hari; Sabtu dan Minggu  (23-24 Maret) di Funchall UMN, ini hasil kerja bareng TheMobileGamer (TMG), kotagame dan XL dengan UMN selaku penyelenggara GameHack.

Sebanyak 100 developer terpilih dari Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Cirebon, Cimahi, Sleman dan Magelang, mengadu keahliannya dalam membuat social game di platform Kotagames dalam 24 jam non-stop. XL bekerjasama dengan TMG ingin berkontribusi menciptakan ekosistem WAP social games yang baik di Indonesia dengan menyelenggarakan program XL Developer Network dari bulan Januari 2013 lalu. Acara yang bertujuan mengajak para developer web untuk membuat game di platform Kotagames tersebut disambut baik oleh komunitas developer di Indonesia pada khususnya.

Peningkatan penggunaan platform mobile merangsang berkembangnya industri game mobile di Indonesia. Satu per satu perusahaan muda (startup) yang berfokus dalam bidang mobile game pun bermunculan. “Beberapa dari mereka berhasil berkembang menjadi lebih sukses. Salah satu kunci suksesnya adalah karena baiknya ekosistem platform game yang ditawarkan,” kata Muara Sipahutar dari kotagames.

XL Developer Network ini memiliki dua aktivitas utama: Social Gaming Workshop dan Kompetisi GameHack. XL Social Gaming Workshop yang diadakan di 4 kota (Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya) berhasil diselenggarakan dengan baik dan mendapat respons hangat dari para developer lokal. Para peserta terlihat antusias dalam menerima pelatihan social gaming yang relatif gampang dipelajari daripada ilmu pengembangan game yang lainnya.

XL GameHack akan memberikan Macbook Air, Galaxy Tab 7.0, dan Nokia Lumia 900 bagi pemenang. Selain itu, TMG dan XL juga akan memberikan US$2,000 minimal garansi pendapatan dan bantuan marketing bagi para pemenang yang berhasil meluncurkan gamenya di Kotagames ditambah konsultasi dari ahli social game dari Jepang. Hadiah yang cukup menggiurkan, khususnya bagi perusahaan startup game developer yang ingin membuat portfolio awal perusahaan gamenya. (bud)

Komentar Anda

comments