Timnas Garuda Tidak Akan Diam di Sangkar

oleh -

Indonesia vs Arab SaudiPalapa News – Laga pertandingan Indonesia kontra Arab Saudi dipastikan berjalan sengit. Dengan bermain dihadapan pendukung, Tim Merah Putih tetap akan tampil menyerang saat menghadapi The Green Falcon pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Gelora Bungkarno, Jakarta, Sabtu (23/03/2012) malam ini.

Jika dilihat dari kekuatan kedua kubu, Arab Saudi lebih diuntungkan dari sisi persiapan fisik, kemampuan individual dan pengalaman bertanding dibandingkan Indonesia. Dengan berhasil mengalahkan tim raksasa Asia, China, 2-1 di laga perdana Pra Piala Asia, kemudian memenangkan laga uji coba bersama Malaysia 4-1 di Kualalumpur, menjadi modal percaya diri bagi Arab Saudi.

Pelatih Timnas Garuda, Rahmad Darmawan mengakui Arab Saudi memiliki kekuatan diatas Indonesia. Namun, pria yang akrab disapa RD tersebut menegaskan walau dengan persiapan yang tergolong singkat, timnya akan menghindari strategi “parkir bus” dalam laga nanti. Karena baginya kedua tim memiliki peluang yang sama.

“Jujur, kita melawan tim yang secara kualitas harus kita akui. Sekali lagi, secara kualitas dan persiapan ada di atas kita. Tapi, selama kita masih sama-sama memainkan sepakbola di lapangan dan bola masih bundar, maka peluang masih sama,” paparnya.

“Kita bisa kalah satu dan kita juga bisa menumpuk semua pemain di depan gawang. Namun bukan itu yang saya inginkan. Saya ingin anak-anak tetap bermain sepakbola. Ada bertahan ada menyerang, itu bagian dari permainan sepakbola, yang pasti juga diinginkan penonton,” sambungnya.

Sementara dikubu lawan, sejak ditukangi pelatih asal Spanyol, Juan Ramon Lopez Caro, gaya permainan The Green Falcon mengalami perubahan. Dengan mengadopsi pola permainan umpan-umpan pendek khas Spanyol, Arab Saudi diunggulkan diatas kertas. Meskipun begitu, Peatih Arab Saudi, Lopez Caro, tak menganggap enteng Indonesia.

“Kami akan menghadapi tim yang kuat dengan dukungan penuh dari suporternya dan staf kepelatihan yang bagus. Besok kami harus pada performa yang bagus, baik secara individu maupun kolektif,” lanjutnya.

Lopez Caro sudah punya sedikit gambaran mengenai kekuatan Indonesia sekarang. Mereka menganggap ‘Merah Putih’ sebagai tim yang terorganisir dengan serangan balik bagus dan striker tajam. Salah satu yang dia soroti adalah kualitas pemain naturalisasi Sergio van Dijk.

“Timnas Indonesia adalah tim yang terorganisir. Mereka bertahan dengan sangat baik,” tutur mantan pelatih Real Madrid ini.

“Mereka punya serangan balik. Mereka punya beberapa pemain berpengalaman, yang bisa menentukan hasil akhir. Mereka juga punya striker bagus, Van Dijk,” jelasnya.

Dari rekor sebelas pertemuan kedua tim, Arab Saudi berhasil memenangkan 10 pertandingan atas Indonesia dan satu kali imbang.  Namun jangan berkecil hati, karena 90 menit waktu pertandingan belum berakhir. Semoga Garuda dapat terbang lebih tinggi dari Elang Hijau.(dt/ndo)

Komentar Anda

comments