Tangsel Maju ke Tingkat Nasional Lomba TP PKK

oleh -

Tanaman Obat dan KeluargaPalapa News – Kota Tangsel maju ke tingkat nasional untuk 2 kategori lomba yaitu Pemanfaatan Tanaman Obat dan Keluarga (TOGA) berlokasi di Kelurahan Serua  dan kategori Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berada di Kelurahan Paku Alam, Kecamatan Serpong Utara, yang akan digelar pada April mendatang.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan, Ida Lidia Firnawati. Menurutnya, dari 9 kategori yang dilombakan Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Pusat, Kota Tangsel lolos dalam penilaian untuk 2 kategori, yaitu Toga dan PHBS.

“Lomba ini digelar dalam rangka memperingati Hari Keluarga Tingkat Nasional tahun 2013 dan seluruh Provinsi diikutisertakan. Namun hanya beberapa provinsi saja yang lolos dalam penilaian tingkat nasional, salah satunya Banten yang diwakili Kota Tangsel,” katanya.

Untuk Kategori TOGA, kata dia, lokasinya berada di Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat. Penilaian lomba, tutur Ida, lebih kepada bagaimana pemanfaatan tanaman obat bagi keluarga di lingkungan tempat tinggal. Selama ini, Serua dinilai bagus dalam pemanfaatan tanaman obat, seperti kunyit, jahe, lengkuas dan kumis kucing dan tanaman obat lainnya.

“Kami menyadari, Tangsel memang minim lahan, untuk itu, tanaman obat biasanya ditanam di tabulpot (tanaman dalam pot-red). Untuk lomba ini, kami tim akan turun ke lokasi untuk melihat bagaimana warga menanam tanaman obat ini dan bagaimana mereka memanfaatkan tanaman obat ini untuk dikonsumsi sendiri,” tutur Ida.

Sementara untuk lomba PHBS Kelurahan Pakualam Kecamatan Serpong Utara terpilih mewakili Kota Tangsel. Dari Pakualam, akan dipilih 10 rumah yang akan dinilai. Prilaku Hidup Bersih dan Sehat yang akan dinilai di 10 rumah ini, penghuninya sudah melakukan olahraga, tidak merokok, buang sampah di tempatnya, mencuri tangan dengan sabun menimbang balita, memeriksa jentik nyamuk dan menggunakan jamban sehat.

“Kami dari tim Pemkot Tangsel sudah menerima  surat pengumuman nominasi lomba yang ditandatangani Vita Gamawan Fauzi, dan Senin depan akan ada tim juri untuk melakukan penialian. Kami akan secepatnya memantau Kelurahan yang masuk kategori nasional ini, sehingga nantinya bisa menjadi juara,” papar Ida.

Sementara Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel, Oom Komalasari mengatakan tim dari BLHD akan memantau ke lokasi terkait tanaman obat yang biasa ditanam warga untuk obat. “Sehingga tanaman apa saja yang masuk kategori obat, bisa diklop-kan dengan apa yang ditanam oleh warga. Selain itu, pemanfaatan obat dari tanaman juga akan dipantau,” jelas Oom.(rls/awa)

Komentar Anda

comments