Usulan di Musrenbang 2014 Mencapai 3171 Kegiatan

oleh -

Pengecoran JalanPalapa News – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2014 di tujuh kecamatan Kota Tangsel mencapai 3171 usulan, dengan nominal anggaran Rp 637 miliar lebih.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Dudung E Diredja, dalam Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Serpong, Kamis (14/3/2013). Menurutnya, dari hasil Musrenbang itu, pihaknya telah menerima hasil perhitungan dan draft usulan yang dihitung dalam pagu indikatif (F1) mencapai sekitar Rp 150 miliar dari 2036 usulan.

Dari 2036 usulan itu, bila diklasifikasikan menjadi empat usulan besar. Yakni, perbaikan infrastruktur seperti pembangunan jalan dan saluran air sebanyak 1442 usulan. Soal pendidikan juga tak kalah banyak. Misalnya soal rehab sekolah berupa penambahan ruang kelas yang mencapai 157 usulan.

“Yang ketiga usulan di bidang kesehatan. Kebanyakan mengenai pengadaan peralatan posyandu, pospindu, pembangunan puskesmas yang mencapai 389 usulan,” katanya menambahkan.

Yang tak kalah penting, usulan dari Fraksi Partai Demokrat dan PKS. Kedua partai itu mengusulkan tentang kesejahteraan masyarakat, pemberian bantuan stimulan dan lainnya ada 199 usulan.

“Infrastruktur masih menjadi prioritas. Namun kegiatan pembangunan tidak melulu soal perbaikan fisik infrastruktur saja, melainkan juga pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarkat,” tandasnya.

Melalui pemberian beasiswa bagi warga miskin, jaminan kesehatan dan kegiatan lainnya yang bersifat kesadaran masyarakat, kata dia, Forum SKPD ini untuk menformulasikan rencana yang datang dari tingkat bawah (kelurahan dan kecamatan) di tahun 2014.

“Kegiatan itu sendiri sudah berlangsung mulai 21 Februari – 1 Maret 2013 kemarin,” tandasnya. (ymw)

Komentar Anda

comments