Serapan Dana Kesehatan Gratis Capai Rp 64,8 Miliar

oleh -

PalapaNews – Penyerapan anggaran kesehatan gratis di Kota Tangerang mencapai 64,8 persen pada 2012 kemarin. Dari total anggaran yang disediakan Rp 100 miliar, berhasil terserap Rp 64,8 miliar untuk membiayai pengobatan masyarakat kurang mampu.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Wibisono mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Terutama masyarakat kurang mampu di kota bermoto akhlakul karimah ini.

“Program kesehatan gratis telah dimulai pada Januari 2012 dan sudah melakukan koordinasi dengan rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkot Tangerang di Kota Tangerang. Warga Kota Tangerang yang sakit akan dirawat di ruang kelas 3 dan biaya perawatan akan ditanggung oleh Pemkot Tangerang,” katanya.

Adapun rincian anggaran kesehatan gratis yang terserap pada 2012 sebesar Rp 64.816.891.362 dengan jumlah pasien yang tersebar di 13 kecamatan sebanyak 57.947 jiwa. Jumlah itu terdiri dari rawat inap sebanyak 17.380 jiwa dan rawat jalan sebanyak 40.567 orang.

“Layanan kesehatan ini tidak memandang golongan. Warga yang memiliki KTP Kota Tangerang semua dilayani,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pelayanan kesehatan gratis merupakan komitmen Pemkot Tangerang bagi masyarakat. Terlebih diakuinya, pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak dasar bagi seluruh masyarakat.

“Masyarakat Kota Tangerang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Pemkot Tangerang pun tengah membangun RSUD Kota Tangerang dan ini merupakan wujud kepeduliannya terhadap masyarakat Kota Tangerang,” katanya.

Sementara itu, untuk tahun 2013 ini, anggaran yang dikucurkan dalam program kesehatan gratis sebesar Rp 60 miliar.(her)

Komentar Anda

comments