Lontong 1,4 Ton Pecahkan Rekor Muri

oleh -

Lontong Cap GomehPalapaNews – Selalu ada yang spesial di perayaan Imlek dan Cap Gomeh. Sabtu (23/2/2013), Lontong Cap Gomeh seberat 1,4 ton berhasil memecahkan Museum Rekor Indonesia (MuRI) di Pusat perbelanjaan Living World, Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangsel.

Untuk memasak penganan tradisional Cina ini memakan waktu tiga hari hingga matang. Lontong khas ini menghabiskan bahan dasar beras sebanyak 350 kilogram dengan peralatan masak menggunakan dandang selebar tiga meter.

Alhasil, masakan tradisional keturunan ini berhasil dengan panjang 5,30  meter, lebar satu meter dan diameter 50 meter. Tak tanggung-tanggung, lontong raksasa ini dimasak dengan kayu rambutan sebanyak empat truk.

Untuk memasak lontong dibuat dandang setinggi tiga meter dengan diameter satu meter. Besaran dandang untuk memasak beras sebanyak 250 kilogram selama 12 jam.

“Untuk mengangkat lontong Cap Gomeh ini dibantu oleh 120 orang,” kata Rian Putra Widya Krisnadi, penanggung jawab Lontong cap gomeh.

Menurutnya hasil masakan ini akan dibagikan kepada anak-anak kurang mampu. Yakni,  mudita love children, anak langit dan panti asuhan pintu elok.

“Lontong ini bisa untuk 1.500 porsi,” katanya.(af)

Komentar Anda

comments