Waspada Pita Cukai Rokok Palsu

oleh -

IlustrasiPalapaNews – Pengelola toko modern di Kota Tangsel diminta waspada terkait peredaran pita cukai rokok palsu. Meski belum ditemukan, namun disinyalir beredar di pasaran.

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Perindustrian pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Ferry Paycun, di Serpong, Selasa (19/2).

Ia menambahkan, hingga saat ini baru sekitar 40 persen dari 358 pengelola toko modern yang baru menerima pembinaan terkait pita cukai rokok ini. Sisanya, kata dia, bakal dilakukan pembinaan secara bertahap.

Pembinaan terhadap pedagang, kata dia, untuk memperketat dan mengawasi distributor yang nakal dengan tidak memasang pita cukai yang palsu. “Sebab jika menggunakan pita cukai palsu pendapatan negara bisa berkurang,” imbuhnya.

Kendati saat ini belum ditemukan pita cukai rokok palsu, namun menurut Ferry pembinaan terus dilakukan agar menjadi warning bagi para pelaku distributor rokok untuk tidak berani mengedarkan rokok dengan pita cukai palsu.

Sedangkan untuk membedakan pita cukai rokok palsu ataupun asli, menurut Ferry dapat dilakukan dengan alat semacam mikroskop. “Selain diterawang dan diraba tingkat ketebalannya, untuk membedakan pita cukai asli atau palsu dapat dibantu dengan alat seperti mikroskop,” ungkap Ferry.(awa)

Komentar Anda

comments