Terminal Tipe A Bakal Dibangun di Pondok Cabe

oleh -
Ilustrasi
Ilustrasi

PalapaNews – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal segera memiliki terminal. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel berencana membangun Terminal Tipe A di Pondok Cabe, Pamulang.

Saat ini, rencana pembangunan dalam pembahasan Detailed Engeneering Design (DED) di lahan seluas 2,5 hektar. Nantinya, pembangunan terminal bakal melibatkan beberapa dinas, yakni Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Tata Kota dan Bagian Aset.

“Ya, terminal Pondok Cabe akan dibangun menjadi terminal tipe A. Saat ini masih dalam kajian, dan dari Dishub sudah mengajukan DED. Tinggal menyingkronkan dengan pengajuan dari dinas lain,” kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tangsel, Wijaya Kusuma, Selasa (19/2/2013).

Dikatakan, nantinya dalam pembangunan tersebut di lokasi berbatasan dengan Jakarta Selatan dan Kota Depok itu bakal menggandeng pihak swasta. Sedangkan, Pemkot Tangsel menyediakan lahannya.

“Prosesnya masih panjang, belum melewati tahap Feasibility Study (FS). Jadi anggarannya belum bisa diketahui,” katanya.

Menurutnya keberadaan terminal tipe A mendesak. Terminal tipe A di Pondok Cabe, saat ini juga sedang disesuaikan dengan RUTR (Rencana Umum Tata Ruang) Kota Tangsel. Karena nantinya luas terminal Pondok Cabe mencapai luas 2,5 hektar. Selain itu, terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan ditutup maka arus lalulintas kendaraan angkutan akan dialihkan ke terminal Pondok Cabe.

“Kajian dibutuhkan agar pembangunan tidak sia-sia,” ucapnya.

Menurutnya, dipilihnya Pondok Cabe bukan tanpa alasan. Lantaran, di lokasi tersebut hanya melanjutkan terminal bekas dari Pemkab Tangerang sebelum pemekaran tidak terpakai. Selain itu, lokasi tersebut merupakan dekat dengan perbatasan Depok, Bogor dan DKI Jakarta sehingga akses menuju luar kota terjangkau.

“Sejauh ini di Kota Tangsel, terminal yang ada hanya sebatas terminal lintasan. Diantaranya di Pasar Serpong, Pondok Aren dan Ciputat. Alhasil terminal lintasan itu jadi penyumbang macet karena tidak ada lokasi untuk mobil mengetem,” terangnya.(kie)

Komentar Anda

comments