Hasil Musda KNPI Tangsel Digugat ke DPP

oleh -

KNPICiputat. PalapaNews – Hasil pemilihan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai tak legitimate. Pasalnya, usia kandidat terpilih Eeng Sulaeman, telah melewati batas usia yang ditentukan dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI, yang menjelaskan batas maksimal ketua KNPI sebelum dilantik di bawah 40 tahun.

Rencana melaporkan hasil Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Kota Tangsel ini disuarakan oleh Muji SP, salah satu anggota Organisasi Kekaryaan dan Pemuda (OKP) Sapma PP yang tergabung dalam KNPI.

Menurut Muji, sudah ada kecenderungan kompromi-kompromi politik yang dilakukan untuk memenangkan Eeng Sulaeman. Apalagi, kata dia, mayoritas peserta Musda mengabaikan AD/ART yang berlaku di seluruh kepengurusan KNPI se-Indonesia, dengan dalil musyawarah mufakat di tataran KNPI Tangsel.

“Kami akan laporkan permasalahan ini ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI karena jelas sudah menyalahi aturan soal batas usia ketua,” kata Muji.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Provinsi Banten, Aden Abdul Khaliq saat ditanyai soal keabsahan terpilihnya ketua KNPI periode 2013-2016 menjelaskan secara AD/ART, proses pemilihan memang menyalahi aturan. Karena Eeng yang terpilih sebagai ketua, kata dia, sudah melewati batas usia yang diatur dalam AD/ART yang berlaku secara nasional.

Aden mengaku sudah berkali-kali mengingatkan para pengurus KNPI di Kota Tangsel. Akan tetapi, seluruh kepengurusan KNPI Kota Tangsel dan peserta Musda menyatakan sudah melakukan kesepakatan soal kasus ini dalam proses Pra Musda.

“Kalau berbicara AD/ART memang salah. Karena jelas tertulis, calon ketua harus berusia di bawah 40 tahun. Soal ini saya akan bertanggung jawab dan saya sudah berulangkali mengingatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Eeng mengatakan pasca terpilih dirinya akan berbuat dan membuat KNPI menjadi sebuah organisasi yang solid. Soal adanya perbedaan kesefahaman, dirinya menyatakan semua diserahkan kepada kesepakatan yang sudah disepakati bersama.

“Ke depan KNPI akan menjadi wadah organisasi kepemudaan yang interaktif dan memberikan warna. Kepada seluruh organisasi kepemudaan yang ada di KNPI saya harap dapat terus solid,” katanya.(awa)

Komentar Anda

comments