15 Warga Kurang Mampu Ikuti Operasi Katarak Gratis

oleh -

PalapaNews. Sebanyak 15 warga kurang mampu, bakal menjalani operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan. Kegiatan tersebut, merupakan rangkaian perayaan HUT keempat Kota Tangerang Selatan sekaligus peringatan hari penglihatan sedunia yang jatuh 15 Oktober silam.

Dokter spesialis mata RSU Kota Tangsel, Arif Budiman, mengatakan, sebenarnya ada 23 masyarakat kurang mampu yang mendaftar untuk turut dalam operasi katarak gratis. Namun, delapan di antaranya tidak lolos setelah menjalani tes pemeriksaan, karena hasil medisnya tidak mendukung.

Ia menambahkan, sebelum dilakukan operasi katarak, pihaknya melakukan proses screening. Proses tersebut dilakukan untuk menentukan apakah pasien layak memperoleh layanan gratis Operasi Katarak Mata atau tidak.

“Saat kami lakukan screening, tercatat lebih dari 23 pasien yang mendaftarkan diri. Mereka berasal dari seluruh di Kota Tangsel,” ungkapnya, Rabu (31/10/2012).

Mereka yang lolos proses screening, kata dia, benar-benar positif menderita katarak mata, dan sudah saatnya untuk segera dilaksanakan Operasi Katarak Mata. “Ini agar tidak semakin parah kondisi kesehatan matanya dan berujung pada kebutaan,” terangnya.

Menurutnya pasien yang tidak lolos screening dikarenakan beberapa faktor. Di antaranya ada yang bukan penyakit katarak mata dan ada juga yang memang menderita katarak pada mata tetapi belum saatnya untuk segera dilaksanakan Operasi Katarak Mata.

“Pasien yang ikut operasi katarak disesuaikan dengan data medis yang ada di tiap-tiap Puskesmas di Kota Tangsel. Pasien ini sudah menjaid pasien tetap di RSU,” terangnya.(awa)

Komentar Anda

comments