LIPI Keluarkan Sertifikat Mutu Makanan

oleh -

SETU – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bakal menerbitkan sertifikat rumah makan, terutama dalam hal mutu makanan.Untuk awal, program tersebut akan melibatkan delapan rumah makan di wilayah Tangerang Selatan dan Serang.

“Delapan rumah makan menjadi pilot project Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian-LIPI, dalam hal perbaikan mutu,” kata Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Puji Winarni, di Puspiptek, Setu, Tangerang Selatan, Rabu (17/10/2012).

Menurutnya program sertifikat makanan itu sudah dilakukan disejumlah negara. Ia menyontohkan seperti Malaysia, restoran memenuhi keamanan pangan, tata cara letak, dan pelayanannya sangat baik, maka akan kami berikan nilai A atau istimewa pada rumah makan tersebut.

“Dengan pemberian sertifikat ini dipastikan bahwa makanan yang disediakan untuk konsumen sehat,” ujarnya.

Jika restoran sudah diberikan sertifikat tersebut, sambung Puji akan ditempel pada jendela depan setiap rumah makan. Dengan begitu, akan memberikan nilai jual sendiri bagi pelanggan maupun konsumen yang baru datang ke rumah makan.

“Untuk di Kota tangsel, di sepanjang jalan Serpong akan menjadi sasaran sertifikasi. Kami akan mengambil sample beberapa rumah makan disana,” terangnya. (kie)

Komentar Anda

comments