Jenderal Palsu Ditangkap Polisi

oleh -

TANGERANG – Petualangan tipu-tipu R Adi Setiawan (50) usai sudah. Pria yang mengaku anggota TNI berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen) yang diperbantukan di Badan Intelijen Nasional (BIN), ini ditangkap jajaran Polres Kota (Polresta) Tangerang.

Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Shinto Silitonga, mengatakan, Mayjen palsu ini diduga sebagai penadah kendaraan roda empat hasil penipuan. Berdasarkan keterangan warga, sering terlihat mobil berbagai merek terparkir di rumah tersangka.

Tersangka, kata dia, ditangkap setelah ada laporan masyarakat terkait seseorang yang mengaku anggota TNI berpangkat Mayjen yang memiliki satu unit mobil Toyota Kijang Innova nopol B.1454.NJA. Namun, kata dia, kendaraan tersebut tidak dilengkapi surat kendaraan yang sah.

“Kami langsung jalan setelah mendapat kabar tersebut. Petugas kemudian datang ke rumah tersangka di Kampung Cukanggalih, Desa Cukanggalih RT 9/5, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang,” kata Shinto di Tangerang, Jumat (12/10/2012).

Saat ditanya surat mobil, tersangka langsung mengaku sebagai Mayjen TNI yang bekerja di Badan Intelijen Negara (BIN). Tersangka juga memiliki kartu nama sebagai anggota TNI.

“Tapi saat diminta menunjukkan kartu anggota tersangka tidak bisa menunjukkannya. Setelah digeledah baru ketahuan tersangka merupakan TNI gadungan,” ucapnya lagi.

Dari hasil penggeledahan, petugas juga mendapati barang bukti dua topi berpangkat Mayjen, satu topi berpangkat Brigadir Jenderal dan satu pistol korek api.

Saat ini tersangka diamankan di Polres Kota Tangerang untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dan 480 KUHP tentang penadahan dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.(fit)

Komentar Anda

comments