15 KK Asal Tangsel Transmigrasi ke Lahat

oleh -

TANGSEL – Sebanyak 15 KK atau kurang lebih 50 jiwa warga Tangerang Selatan (Tangsel) bakal dikirim ke Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel), untuk transmigrasi. Mereka, bakal diberangkatkan pada Oktober 2013.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangsel, Suyatman Ahmad, mengatakan, kuota 15 KK tersebut bakal diseleksi dari 7 kecamatan yang ada di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini.

Hingga saat ini, kata dia, suda ada 7 KK yang terdaftar untuk diberangkatkan ke Langkat. Rinciannya, yakni 1 KK dari Ciputat Timur, 2 KK dari Pamulang dan 4 KK dari Pondok Aren.

“Sebelum berangkat, mereka akan diberi pelatihan keterampilan terlebih dahulu. Mereka juga harus tertib administrasi. Usia juga maksimal 50 tahun,” bebernya kepada palapanews.com.

Para transmigran, kata dia, akan mendapatkan jatah hidup (jadup) 9 bahan pokok selama belum produktif. Anggarannya bersumber dari APBN. “Kami akan terus memantau dengan program pembinaan pasca penempatan,” katanya.

Di Lahat, para transmigran akan mendapatkan fasilitas rumah type 29 semi permanen, lahan pekarangan 500 meter persegi, lahan satu seluas satu hektar untuk bercocok tanam, dan setelah 3 tahun akan mendapatkan lahan seluas 1 hektar untuk bercocok tanam juga. Setelah 5 tahun, transmigran akan mendapat sertifikat hak milik atas fasilitas tersebut.

Perlu diketahui, Dinsosnakertrans telah berhasil melakukan transmigrasi 10 kk atau 42 jiwa ke Buol, Sulteng pada tahun 2010 lalu, dan 3 kk atau 10 jiwa ke wilayah Kabupaten Katingan, Kalteng.(fit)

Komentar Anda

comments