Sosialisasi Program, Polisi Sambangi SDN Pokabar 03

oleh -

PONDOK AREN – Jajaran Polsek Pondok Aren, Selasa (18/9) berkunjung ke sekolah dasar negeri (SDN), Pondok Kacang Barat (Pokabar) 03, memenuhi undangan dalam rangka program kerja intrakulikuler (berkunjung ke sekolah). Kegiatan dipusatkan di halaman SDN 03 Pondok Kacang Barat, yang dihadiri ratusan murid kelas satu sampai kelas enam.

Tampak hadir Kapolsek Pondok Aren Komisaris Parmono didampingi Wakapolsek Ajun Komisaris (AKP) Agus Priyono, Kanit Binamas AKP Sudiyono, Kanit Lantas AKP Dodit Prasetyo  dan Kanit Reskim Ipda Taryono.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Pondok Aren Komisaris Parmono, menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai upaya pengenalan secara dini tentang polisi. “Kami sampaikan apreasi kepada pihak sekolah yang telah mengundang Kami. Kegiatan ini juga merupakan program polisi sebagai sahabat anak. Dan yang paling kami tekankan, agar anak-anak ini tidak takut ketika melihat polisi,” ungkapnya.

AKP Dodit Parsetyo, menambahkan, pendidikan berlalu lintas ini akan diberikan secara bertahap. “Di tingkat sekolah dasar, kita memberikan pengenalan mengenai berbagai aspek dalam berlalu lintas dan mereka diajak keliling untuk mengenal rambu-rambu,” ujar Dodit.

Di tingkat sekolah menengah pertama (SMP), fokus utama pendidikan berlalu lintas adalah tahap pendalaman. “Nah, di sekolah menengah atas (SMA), tahap implementasi,” sambungnya.

Sehingga di tingkat perguruan tinggi nanti, diharapkan mereka bisa memberi solusi atas berbagai permasalahan lalu lintas. “Untuk di tingkat perguruan tinggi, polisi juga memiliki program Police Goes to Campus.”

Kepala SDN Pondok Kacang Barat 03, Narsum, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan realisasi program kerja tahunan sejak Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Polri dan Kemendikbud yang ditandatangani pada 8 Maret 2010. Di MoU itu berisi tentang  masuknya pendidikan lalu lintas dalam kegiatan intrakulikuler sekolah tingkat dasar, yaitu di dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dengan maksud dan tujuan adalah mengenal fungsi dan tugas polisi selain lebih akrab lagi dengan polisi.

“Mulai dari kecil kita tanamkan kepada anak-anak untuk mengenal rambu lalulintas. Yang selama ini takut sama polisi, dengan ketemu langsung mereka tahu seperti apa polisi itu. Jadi nggak perlu takut sama polisi. Kegiatan ini berbeda dengan tahun lalu,  Kali ini,  Kami mengundang polisi dari Polsek Pondok Aren,” kata Narsum.(awa)

Komentar Anda

comments