2 Mobil e-KTP Siap Jemput Bola

oleh -

Tangerang- Dua unit mobil e-KTP milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mulai dioperasikan sejak Senin (27/8/2012). Mobil e-KTP ini bakal keliling untuk melayani pembuatan e-KTP di lokasi yang telah ditentukan.

Demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Raden Rina Hernaningsih. “Untuk hari pertama kami buka di Puspem dan Kawasan Pendidikan Cikokol,” ujarnya di layanan e-KTP keliling, di Kawasan Pendidikan Cikokol.

Rina menambahkan, dua unit mobil tersebut untuk memudahkan pelayanan warga yang tidak sempat datang ke kecamatan dalam melakukan perekaman e-KTP. “Target kami adalah calon wajib e-KTP baru dari masyarakat, pelajar, mahasiswa yang ada di Kawasan Pendidikan Cikokol. Sedangkan warga umum yang sebelumnya sudah kami data tidak lagi menjadi target kami,” imbuhnya.

Untuk lebih memaksimalkan pelayanan, pihaknya akan menjadwalkan beroperasinya dua mobil tersebut di lokasi keramaian. Misalnya, di sekolah-sekolah, kampus-kampus, mal, dan pusat keramaian lain di Kota Tangerang.

“Karena target kami adalah calon wajib e-KTP baru maka kami yang akan jemput bola. Saat ini jadwal keliling mobil ini sedang kami mantapkan agar bisa berjalan secara reguler. Rencananya juga kami bekerjasama dengan kepolisian, yakni berdampingan SIM keliling,” singkatnya.

Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan, Mulyanto, menambahkan, adanya dua unit mobil e-KTP keliling ini pelayanan e-KTP di Kota Tangerang akan lebih terjangkau. Apalagi diakuinya, kendaraan tersebut mampu menembus lokasi-lokasi keramaian.

“Bagi masyarakat yang tidak sempat datang ke kecamatan bisa melakukan rekam e-KTP di mobil tersebut, sehingga pelayanan e-KTP lebih maksimal. Dalam satu minggu, mobil tersebut akan berpindah tempat sesuai dengan kebutuhan,” tegas Mulyanto.

Mulyanto menambahkan, sampai saat ini pihaknya telah mendistribusikan 662.807 fisik e-KTP di 13 kecamatan di Kota Tangerang dari total wajib KTP 894.144. “Penyebaran fisik e-KTP sudah mencapai 69,65 persen dan yang paling banyak adalah Kecamatan Pinang sebanyak 64.032 fisik e-KTP,” jelas Mulyanto.(nai)

Komentar Anda

comments