Cuaca Panas, Rawan Penyakit ISPA

oleh -

Tangsel- Panjangnya musim kemarau yang melanda wilayah Kota Tangsel dan sekitarnya, bakal berimbas pada rawannya penyebaran penyakit. Diketahui, BMKG Wilayah II Ciputat memprediksi musim kemarau bakal berlangsung hingga November.

Demikian dikatakan Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Muhammad Rusmin, Senin (27/8/2012). Menurutnya, ada beberapa jenis penyakit yang mudah menjangkit ketika cuaca panas.

Adapun penyakit yang mudah menjangkit, yakni Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa), Demam Berdarah Dengue (DBD), radang tenggorokan dan lainnya. Virus penyakit sangat mudah menyerang setiap orang karena daya tahan dan sistem kekebalan tubuh tengah melemah di saat sedang kosong akibat kurangnya asupan makanan.

“Karena panas dan debu maka prevalensi Ispa dan DBD cukup meningkat,” terangnya. Maka, kata dia, untuk mencegah serangan penyakit, diperlukan menu yang tepat saat makan.

“Selain tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juga harus diimbangi dengan makanan yang bergizi dan kaya akan protein, mineral, karbohidrat, lemak dan serat,” jelasnya.(kie)

Komentar Anda

comments