Penganan Berpewarna Tekstil Beredar di Pasaran

oleh -

TANGSEL- Masyarakat wajib waspada dan tidak sembarang membeli penganan di pasaran. Hal ini lantaran sejumlah makanan mengandung pewarna tekstil dan obat berbahaya dijual bebas.

Ini terbukti dari sidak gabungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Rabu (25/7/2012).

Berdasarkan hasil laboratorium, sejumlah makanan yang dijajakan di pasar Delapan ALam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangsel, seperti pacar cina dan permata mengandung kadar bahan perwarna tekstil Rhodamin B.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan Minuman Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Anton Wibawa, mengatakan, kedua makanan tersebut setelah diuji klinis mengandung pewarna tekstil Rhodamin B. Zat kimia tersebut jika dikonsumsi maka dapat menjadi pemicu untuk terjadinya kanker (karsinogenik).

“Berbahaya jika dikonsumsi dapat menyebabkan kanker,” ungkapnya disela-sela sidak.

Untuk jenis makanan lainnya, lanjut Anton, seperti kolang-kaling dan daging ayam potong, masih aman dikonsumsi.

“Bukan hanya di pasar Delapan saja, tapi juga di pasar-pasar lainnya juga ada karena dari satu produsen yang sama. Tidak etis saja bahan untuk mewarnakan pakaian digunakan di makanan. Bisa kena penyakit kanker,” katanya.

Sebelum membeli produk makanan kemasan, masyarakat diimbau agar memperhatikan label dari Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM).(kie)

Komentar Anda

comments