Pemkab Gorontalo Studi Banding ke Kota Tangerang

oleh -

TANGERANG- Jajaran Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, melakukan studi banding ke Kota Tangerang, Rabu (25/7/2012).

Studi banding ini dilakukan untuk mencari tahu kiat Pemkot Tangerang yang berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dalam bidang pengelolaan keuangan daerah lima kali berturut-turut.

Rombongan Pemkab Gorontalo dipimpin Wakil Bupati Tony Junus dan Ketua DPRD Awaludin. Mereka ingin belajar tentang kiat-kiat Pemkot Tangerang dalam mempertahankan opini WTP hingga lima kali berturut-turut. Sebab, Pemkab Gorontalo hanya mampu meraih opini serupa selama dua tahun.

“Pada 2009 dan 2010 kami dapat WTP, tapi 2011 Cuma WDP. Karena pencatatan aset dan penyertaan modal belum sempurna,” tutur Tony Junus saat diterima Wakil Walikota Tangerang H Arief R Wismansyah di ruang Akhlakul Karimah gedung pusat pemerintahan Kota Tangerang.

Rombongan studi banding Pemkab Gorontalo sebanyak 30 orang dan dua anggota Komisi II DPRD setempat,  itu selain melakukan audensi dengan Wakil Walikota dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dan Inspektorat, juga melakukan studi lapangan ke dua SKPD tersebut.

“Kami membawa 30 pegawai yang merupakan bendahara pengeluaran SKPD dan pejabat penatalaksanaan keuangan (PPK). Setelah belajar dari sini diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, sehingga pengelolaan keuangan di kami lebih baik,” harap Tony Junus.

Wakil Walikota Tangerang menyambut baik kedatangan rombongan studi banding Pemkab Gorontalo tersebut.

“Keberhasilan Pemkot Tangerang meraih penghargaan WTP lima kali berturut-turut itu lantaran adanya komitmen kuat dari walikota dan jajaran untuk mengelola keuangan daerah secara transparan,” kata dia.(nai)

Komentar Anda

comments