Urai Antrean di Merak, ASDP Tambah 5 Kapal

oleh -

MERAK- Antrean di Pelabuhan Merak, Cilegon, hingga Jumat (6/7) belum terurai. Bahkan, antrean tak beranjak dari KM 87 tol Tangerang-Merak, atau sepanjang 20 Kilometer.

Untuk mengurai antrean di Pelabuhan Merak, PT Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Utama, telah menambah lima unit

“Sebelumnya penyeberangan dilayani 20 unit kapal, kini menjadi 25 kapal. Kami akan terus berupaya agar antrean cepat terurai,” tutur Kepala Cabang ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Utama, Supriyanto, Jumat (6/7/2012).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso, membenarkan penambahan kapal Ro-Ro itu. Menurutnya, mulai Jumat telah ada tambahan kapal yang dioperasikan di Pelabuhan Merak.

“Secara teori operasional, jika 25 kapal dioperasikan maka kemacetan bisa terurai pada hari Minggu. Proses penambahan 3 kapal tersebut masih dalam proses dengan Administrator Pelabuhan (Adpel),” kata Suroyo di Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Ia menjelaskan, dengan beroperasinya 25 kapal, di mana setiap kapal dapat melakukan 4 trip, maka dalam sehari ada 80 trip. Hal tersebut dapat mengatasi pertumbuhan 100-120 kendaraan per jam sehingga kemacetan bisa terurai.

Ia menambahkan jumlah kendaraan pribadi yang semula berkisar 1.500 unit, kini melebihi angka tersebut. Sedangkan untuk truk, jumlahnya kini mencapai 2.100 kendaraan, yang sebelumnya 1.500-2.000 kendaraan. Maka dalam sehari kira-kira 3.200-4.000 kendaraan masuk ke Pelabuhan Merak.(pn-1)

Komentar Anda

comments