Cina Suntik PT KS 200 Juta USD

oleh -

CILEGON-  (KS) bakal mendapatkan suntikan dana dari Cina sebesar 200 juta dolar AS atau setara Rp 1,833 triliun. Investasi ini digunakan untuk pembangunan proyek blast furnace, dan Groundbreaking-nya pada Senin (9/7/2012).

Dalam pembangunan proyek tersebut PT KS bekerjasama dengan Capital Engineering and Research Incorporation Limited (MCCCERI), Beijing, Cina. Proyek senilai 1,15 miliar dolar AS, terdiri dari perjanjian kerja sama teknologi senilai 530 juta dolar AS dan konstruksi blast furnace senilai 621 juta dolar AS.

Fasilitas blast furnace KS itu nantinya akan meningkatkan penyerapan bijih besi lokal dan bisa dikombinasikan dengan proyek kerja sama pembangunan smelter bijih besi PT KS dengan PT Aneka Tambang Tbk.

Pabrik tersebut juga dibangun untuk menurunkan biaya produksi slab baja, mengurangi bahan baku impor serta memanfaatkan sebagian bahan baku lokal seperti bijih besi dan batu bara yang diharapkan dapat meningkatkan marjin laba perseroan.

Manajer Corporate Communication PT KS, Wisnu Kuncara kepada BANTEN POS, di kantornya, Jumat (6/7) mengatakan, peletakan batu pertama akan dilaksanakan Senin mendatang. Dalam peletakan batu pertama itu akan di hadiri  Dirut PT KS baru, Irvan Kamal Hakim dan direksi PT KS pusat lainnya, serta dihadiri pihak investor China. “Ya benar acaranya senin pagi mendatang. Menurut rencana seluruh direksi juga hadir,” katanya.

Sebelumnya, Mantan Dirut PT KS, Fazwar Budjang mengungkapkan, Industrial and Commercial Bank of China Ltd. (ICBC) dan China Development Bank (CDB) berkomitmen memberikan kredit sebesar 200 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,833 triliun. “Komitmen dari ICBC dan CDB ini karena dalam proyek ini pihak engineering (kontraktor, red) berasal dari China,” kata Fazwar.

Ia menambahkan nilai proyek pembangunan fasilitas blast furnace itu menelan dana sebesar 535 juta dolar AS. Dari angka tersebut, sekitar 250 juta dolar AS atau setara Rp2,29 triliun diperoleh dari sindikasi perbankan dalam negeri, baik swasta maupun BUMN. Sementara 200 juta dolar AS dari ICBC dan CDB. “Sementara ini sisa dana proyek ini berasal dari kas internal perusahaan,” tuturnya.

Dijelaskan, ruang lingkup kerja MCC-CERI meliputi engineering, procurement dan supervisi. Untuk blast furnace, sintering plant, material handling dan general facilities.(pn-1)

Komentar Anda

comments