2013, Kota Serang Terancam Tak Dapat Kuota CPNS

oleh -
Foto Ilustrasi

 

Foto Ilustrasi

SERANG- Pemerintah Kota Serang terancam tak mendapat kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2013 mendatang. Ini lantaran belanja pegawai di Kota Serang lebih dari 50 persen.

Padahal, berdasarkan kebijakan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), kuota CPNS hanya diberikan kepada pemerintah daerah dengan nilai belanja pegawai tak lebih dari 50 persen APBD.

“Ya, Pemkot Serang terancam tak mendapat kuota CPNS pada 2013 nanti. Sebenarnya kebijakan pusat ini tidak adil. Apalagi Kota Serang butuh pegawai, khususnya guru dan tenaga teknis,” kata Wakil Walikota Serang, Nana Suryana.

Seharusnya, kata Nana, persyaratan mendapat kuota CPNS itu dilihat dari analisis jabatan dan kebutuhan pegawai di pemerintah daerah, bukan berdasarkan pada belanja pegawai.

“Kota serang sangat membutuhkan pegawai, hampir di semua SKPD masih kekurangan pegawai. Dan, masalah besarnya belanja pegawai tersebut, sebagian besar adalah belanja pegawai berupa guru,” ujar dia.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Karir Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Serang, Farah Richi, menilai bahwa Kota Serang masih punya kesempatan untuk mendapatkan kuota CPNS pada 2013. Itu terjadi jika anggaran sertifikasi guru digabungkan, maka belanja pegawai di Kota Serang tidak akan lebih besar dibandingkan belanja modal.

“Kami masih menunggu informasi dari pusat apakah anggaran untuk sertifikasi guru masuk dalam belanja modal atau belanja pegawai, jika masuk di belanja modal kami masih memiliki kesempatan,” kata farah.

Diketahui, BKD Kota Serang telah mengusulkan kebutuhan pegawai ke BKN sebanyak 2400 orang. Kebutuhan tersebut, tidak hanya dari pegawai untuk teknis, melainkan untuk tenaga pendidik juga. “Kami banyak membutuhkan tenaga pendidik, karena tahun depan banyak guru yang memasuki usia pensiun” tuntasnya.(pn-1)

Komentar Anda

comments