Di Papan Reklame, BPKD dan Satpol PP Kota Tangerang Tempel Stiker ‘Belum Bayar Pajak Daerah’

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang memasangi stiker pemberitahuan pada papan reklame karena iklan yang terpampang belum melunasi atau menunggak membayar pajak.

Pemasangan stiker pada iklan dilakukan oleh personel dan pejabat Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Tangerang serta personel dari Satpol PP Kota Tangerang. Stiker berwarna merah tersebut bertuliskan ‘Pemerintah Kota Tangerang Badan Pengelola Keuangan Daerah. Pemilik/pengelola media reklame ini belum membayar pajak daerah.

Pemasangan stiker ini sebagai bentuk sanksi karena para wajib pajak belum melunasi pembayaran pajak. Sebelum dilakukan pemasangan stiker, BPKD Kota Tangerang telah memberitahu agar para pemasang iklan di papan reklame untuk segera melunasi atau membayar pajak.

Kepala BPKD Kota Tangerang, Tatang Sutisna menyampaikan, langkah yang dilakukan BPKD Kota Tangerang dengan memasangkan stiker pemberitahuan ini adalah teguran kepada pihak-pihak yang belum membayar atau melunasi pajak.

“Kami melakukan verifikasi terlebih dahulu mana iklan yang terpampang di papan reklame yang belum membayar pajak. Setelah diketahui, maka pemberitahuan pun dilakukan,” papar Tatang Sutisna.

Setelah diberitahu, apabila tetap tidak membayar pajaknya, maka baru dilakukan penempelan stiker di media tersebut. “Langsung kami pasang stiker pemberitahuan jika belum melunasi pajak,” ungkap Tatang.

Pria yang juga menjabat sebagai Komisari PT. Tangerang Nusantara Global (TNG) ini juga memberikan edukasi atau imbauan kepada pemasang iklan di papan reklame agar tertib dalam membayar pajak. Sebab, pajak yang dibayarkan ini menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperuntukkan untuk pembangunan Kota Tangerang.

“Dari PAD yang dihasilkan itu digunakan untuk pendidikan, kesehatan, infrastruktur, hingga kebutuhan sosial masyarakat,” pungkas Tatang Sutisna, Senin, 8 Juli 2024.

Sementara itu, Plt Kasatpol PP Kota Tangerang, Irman Pujahendra menambahkan, pemberian segel terhadap iklan di papan reklame merupakan salah satu bentuk teguran terhadap pemilik atau pengelola reklame untuk taat dalam membayar pajak. Sebab, pajak yang dibayarkan sangat penting untuk pembangunan Kota Tangerang.

“Satpol PP bekerjasama dengan BPKD untuk memberikan edukasi kepada pemilik atau pengelola reklame untuk taat membayar pajak,” papar Irman seraya menambahkan, Satpol PP akan bekerjasama dan berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menegakan Perda yang ada di Kota Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments