Kebakaran di Gedung Bertingkat, BPBD Kota Tangerang Berikan Tips untuk Evakuasi Diri

Palapanews.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang memberikan informasiĀ  kepada masyarakat terkait bencana kebakaran yang terjadi dilingkungan sekitar, khususnya jika terjadi di gedung bertingkat.

Informasi seperti ini harus disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat memahami bagaimana caranya melakukan evakuasi diri jika terjebak kebakaran di gedung bertingkat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan menyampaikan, ada beberapa cara atau trik yang bisa dilakukan jika terjadi kebakaran di gedung (terjebak) ditengah asap atau kobaran api. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Sebab, apabila panik akan memperburuk situasi dan membuat sulit berpikir dengan jernih.

Jika terjebak di lantai atas, kata Maryono, hindari untuk melompat keluar dari jendela atau balkon. Cari tempat aman untuk menunggu bantuan datang. Segera panggil bantuan dengan menggunakan telepon atau alarm kebakaran di dinding dan beritahu operator lokasi sebanyak mungkin detail yang bisa membantu penanganan bencana.

“Apabila main ke gedung tinggi yang musti dicari adalah jalan tangga darurat. Karena, bilamana ada kebakaran atau gempa, maka tangga darurat itu adalah jalan. Maka, penting diperhatikan dari awal saat masuk ke gedung bertingkat,” ucap Maryono seperti dilansir tangerangkota.go.id, Senin, 10 Juni 2024.

 

Adapun cara agar tidak terjebak di dalam gedung saat kebakaran yakni:

1. Merangkak dan Cari Tangga Darurat

Asap yang ditimbulkan dari sebuah kebakaran akan meracuni setiap orang yang menghirupnya. Namun, asap tersebut masih bisa dihindari dengan cara merangkak.

Cara ini sangat efektif, sebab terdapat sisa oksigen yang mengalir di bagian bawah asap tersebut. Dengan begitu, mereka yang terjebak masih bisa bernapas dan mencari lokasi yang aman.

2. Gunakan Tangga Darurat

Seluruh gedung bertingkat memang diwajibkan membangun tangga darurat jika terjadi bencana. Jika masuk secara berkelompok, disarankan agar tidak panik maupun tergesa-gesa meninggalkan lokasi kebakaran.

Jika sulit menemukannya, lokasi tangga darurat biasanya ditandai dengan tanda exit dan keluar. Tak hanya itu, huruf tersebut tetap menyala sehingga bisa terlihat meski dalam keadaan gelap.

3. Dekati Jendela dan Hindari Penggunaan Lift

Jika terlanjur terjebak oleh kobaran api disarankan untuk segera mencari jendela terluar. Selain bisa mendapatkan udara segar, posisi tersebut bisa memudahkan petugas saat melaksanakan proses evakuasi.

Dilarang keras menggunakan lift saat terjadinya kebakaran. Sebab, mereka yang nekat mengoperasikan lift bisa mengalami risiko yang lebih fatal.(ydh)

Komentar Anda

comments