PKM UMN Bareng BPBD Kabupaten Pandeglang Gelar Edukasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana

Palapanews.com – Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) melalui program Suwara menggelar UMN Bareng BPBD Kabupaten Pandeglang menggelar kegiatan Edukasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana di SDN Carita 01. Aksi ini, berlangsung pada 30 Mei 2024 dan melibatkan murid kelas 4 hingga 6 SD sebagai peserta.

Pada pelaksanaan program tersebut, Suwara bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang serta TNI Angkatan Laut Banten, yang turut mendampingi saat simulasi bencana alam.

Kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai langkah-langkah yang harus diambil sebelum, saat, dan setelah bencana terjadi. Mitigasi bencana alam menjadi fokus penting dalam upaya melindungi dan mempersiapkan masyarakat di daerah rawan bencana. Ini, dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kesiapan siswa dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.

BACA JUGA ; PKM Kampus UMN Gelar Pelatihan Inspiring Future Innovators with AI and Machine Learning

BPBD Kabupaten Pandeglang bertindak sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini, menyampaikan materi mengenai mitigasi bencana secara komprehensif. Materi yang dipaparkan meliputi pengenalan berbagai jenis bencana alam, cara-cara penanggulangan, serta tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam situasi darurat.

esi materi ini diikuti dengan simulasi bencana alam yang melibatkan seluruh siswa dan guru di SDN Carita 01, memberikan pengalaman praktis dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi bencana dengan lebih baik.

BACA JUGA : Berkat PKM UMN, Warga RW 11 Medang Lestari Punya Aplikasi Laporan Keamanan

TNI Angkatan Laut Banten juga memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran simulasi bencana ini. Serka Dadang Suharya Pangkalan AL Banten memberikan arahan dan pendampingan kepada siswa-siswi mengenai tindakan yang tepat dan efektif selama simulasi berlangsung, sehingga mereka lebih siap dan tidak panik ketika menghadapi bencana sesungguhnya.

Program Suwara berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan BPBD dan berbagai pihak terkait dalam memberikan edukasi mitigasi bencana ke sekolah-sekolah di daerah rawan bencana. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kesiapan dan ketahanan masyarakat, terutama anak-anak, dalam menghadapi bencana alam, serta untuk mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh bencana.

Kepala SDN Carita 01 Nana Sumarna mengatakan bahwa pihak sekolah sangat senang atas kehadiran UMN dan BPBD Pandeglang untuk mengadakan kegiatan ini. “Kami atas nama keluarga besar mengucapkan banyak terima kasih kepada para mahasiswa, khususnya dari pihak UMN dan BPBD yang telah bekerja sama dalam edukasi mitigasi bencana. Tidak lupa dibantu oleh Bapak Dadang dari TNI, ” ucap Nana. (rls/bd)

Komentar Anda

comments