Berkat PKM UMN, Warga RW 11 Medang Lestari Punya Aplikasi Laporan Keamanan

Palapanes.com – Dosen dan Mahasiswa lintas Program Studi (Prodi) Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tim ini, berkolaborasi membuat Aplikasi Pelaporan Keamanan.

Aplikasi tersebut baru pertama kali dibuat dan digunakan langsung di wilayah RW 11 Medang Lestari, Kabupaten Tangerang. Pelatihan untuk penggunaan aplikasi yang telah dibuat dilaksanakan di UMN, Ruang C504 Lab. Artificial Intelligence, pada Kamis (16/11/2023).

Adapun tujuan dibuatkannya Aplikasi Pelaporan Keamanan ini, adalah untuk membantu masyarakat dalam hal pelaporan keamanan, setiap kali Security melakukan monitoring di wilayah setempat.

Fenina Adline Twince Tobing, Dosen FTI UMN menjelaskan, bahwa dengan keberadaan aplikasi ini masyarakat juga dapat menerima laporan yang dilakukan dalam bentuk file pdf, atau bisa langsung mengunjungi website.

Sementara itu untuk pembuatan aplikasi hingga sosialisasi selesai memakan waktu selama lima bulan dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Informatika UMN serta Koordinator Keamanan RW 11 Medang Lestari. Adapun alamat websitenya adalah : https://rwsebelasmedanglestari.com/ .

“Kendala yang dihadapi, hanya saat sosialisasi saja. Karena tidak semua orang melek terhadap teknologi, sehingga butuh effort lebih untuk memberikan pelatihan ke peserta bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut,” ungkap Fenina.

Penyerahan plakat oleh Johan Setiawan, S.Kom., M.M. (kiri) Dosen Sistem Informasi UMN. Foto: ist

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat sebagai cindera mata serta penyerahan aplikasi secara simbolis lengkap dengan buku panduan, semua username, dan password yang digunakan.

Fenina berharap, aplikasi yang telah dibuat ini, bisa digunakan seterusnya dan membantu masyarakat khususnya RW 11 Medang Lestari dalam mengetahui laporan keamanan yang lebih real time tanpa harus memakan banyak storage di Handphone.

“Keberadaan aplikasi ini semoga dapat mempermudah kami dalam melaporkan mengakses laporan terkait keamanan dan inventaris RW 11 Medang Lestari. Sehingga kami tidak perlu lagi membuat spam di Whatsapp setiap warga dan kedepannya aplikasi ini akan kami rawat dan gunakan sebaik-baiknya,” tegas Riki.

Pelaksanaan sosialisasi penggunaan aplikasi dihadiri oleh tim PKM UMN terdiri dari Fenina Adline Twince Tobing (Ketua Tim – Dosen Informatika), Adhi Kusnadi (Dosen Informatika), Eunike Endariahna Surbakti (Dosen Informatika), Johan Setiawan (Dosen Sistem Informasi), Rangga Winantyo (Dosen Teknik Elektro), Mahasiswa Informatika UMN, tim LPPM UMN, Koordinator keamanan RW 11 Medang Lestari Riki Nahot Hutabarat, tim Security, dan perwakilan warga RW 11 Medang Lestari. (rls/bd)

Komentar Anda

comments