Momentum Hari Lahir Pancasila, Warga Diimbau Amalkan Nilai Luhur Pancasila

Palapanews.com- Memperingati Hari Lahir Pancasila tepatnya pada 1 Juni, Pemerintah Kota Tangerang menyelenggarakan upacara yang berlokasi di Lapangan Ahmad Yani, Sabtu, 1 Juni 2024.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila juga diikuti oleh seluruh elemen Forum Koordinasi Daerah (Forkompimda) di Kota Tangerang. Bertajuk “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” Pemkot Tangerang memanfaatkan momentum Hari Lahir Pancasila untuk mengajak partisipasi semua elemen masyarakat dalam merawat, menumbuhkan, serta membumikan nilai-nilai luhur Pancasila di Kota Tangerang.

“Pancasila adalah pedoman hidup bangsa Indonesia. Kita harus terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti toleransi, gotong-royong, dan musyawarah,” ujar Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin saat menjadi pembina apel.

Nurdin menambahkan, Pemkot Tangerang melalui berbagai program dan kegiatannya terus berupaya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat khususnya para generasi muda. Hal ini dilakukan agar generasi muda dapat memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mereka adalah penerus bangsa ini, dan kita harus memastikan bahwa mereka memahami dan mengamalkan Pancasila dengan sebaik-baiknya,” ujar Nurdin.

Sementara itu, untuk peserta Upacara Hari Lahir Pancasila diikuti oleh personel dari TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, PGRI, ASN, Dinas Perhubungan.

Pada momentum itu juga, Pemkot turut membagikan bendera merah putih kepada para organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan di Kota Tangerang.

“Pembagian ini sebagai simbol kecintaan kita terhadap bangsa dan negara. Sebagaimana, bendera merah putih adalah lambang pemersatu bangsa, dan kita harus terus menjaga dan menghormatinya,” katanya.

Setelah pelaksaan upacara, ada penampilan “Teatrikal Sidang BPUPKI” oleh Duta Pancasila Purna Paskibraka Kota Tangerang, serta pembagian Gerakan Bendera Merah Putih secara simbolis kepada seluruh perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kota Tangerang.

“Momentum ini juga dilengkapi dengan pembagian bendera Merah Putih, sekaligus mendorong semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menyambut Hari Lahir Pancasila dan Hari Kemerkedaan RI yang sebentar lagi akan dirayakan, khususnya di Kota Tangerang,” papar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang, Teguh Supriyanto.(ydh)

Komentar Anda

comments