Percepat Pelayanan Perizinan Bangunan, Pemkot Tangerang Terbanyak dalam Penerbitan PBG secara Online

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang menggelar Konsinyering Proses Bisnis Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) bagi para Perangkat Daerah.

Kegiatan yang berlokasi di salah satu hotel ternama di kawasan Anyer ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, Kamis, 30 Mei 2024.

Herman Suwarman mengatakan, perubahan regulasi bangunan, khususnya berfokus pada perizinan gedung tentunya harus disikapi secara serius.

“Konsinyering ini diharapkan dapat menghasilkan solusi dan strategi yang efektif untuk meningkatkan pelayanan perizinan PBG dan SLF di Kota Tangerang. Hal ini selaras dengan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, transparan, dan akuntabel,” imbuh Herman Suwarman.

Sekda Kota Tangerang menegaskan, pentingnya kesepahaman dan konsinyering antar perangkat daerah terkait untuk menghasilkan gagasan dan solusi dalam rangka percepatan pelayanan perizinan.

“Diperlukan pemangkasan proses, koordinasi, dan sinkronisasi antar perangkat daerah agar pelayanan perizinan PBG dan SLF dapat berjalan lebih mudah dan efisien,” ucapnya.

Tujuan utama konsinyering ini, kata Sekda yakni untuk memastikan bangunan gedung di Kota Tangerang dapat digunakan secara aman dan sesuai dengan standar teknis yang berlaku.

“Dengan terbentuknya tim yang solid dan terkoordinasi, pelayanan perizinan PBG dan SLF dapat dilaksanakan dengan lebih cepat, mudah, dan transparan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja menerangkan, konsinyering ini sejalan dengan perkembangan regulasi dan kebutuhan pelaku usaha di bidang pembangunan.

“Kita ingin mencapai kesepakatan bersama terkait proses perizinan PBG dan SLF, terutama dalam mengatasi kendala yang dihadapi di lapangan,” jelasnya.

Sugiharto menyampaikan, apresiasi atas capaian Kota Tangerang dalam menjalankan sistem PBG secara online. “Alhamdulillah, Kota Tangerang merupakan salah satu kabupaten/kota yang terbanyak menjalankan PBG secara online,” ungkapnya.

Meskipun demikian, kata Sugiharto, tetap mendorong mekanisme percepatan proses perizinan PBG dan SLF. “Dengan skema online, proses perizinan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, tercatat sebanyak 3.313 izin PBG yang sudah diterbitkan. Sedangkan untuk SLF sebanyak 119 sertifikat yang sudah diterbitkan. Di mana Pemkot Tangerang meraih perhargaan dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat kategori Implementasi Peraturan Daerah tentang Persetujuan PBG dengan Penerbitan PBG terbanyak pada tahun 2022.(adv)

Komentar Anda

comments