Layani Kebutuhan Air Bersih, Perumda Tirta Benteng Genjot Pembangunan SPAM

Palapanews.com Untuk memberikan pelayanan air bersih dan pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang merupakan bagian dari Program Strategis Nasional (PSN) untuk offtakers Karian Serpong, Pemerinta Kota Tangerang melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Benteng melakukan peningkatan pelayanan air bersih ke seluruh wilayah kota Tangerang.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang, Doddy Effendi, Rabu, 29 Mei 2024.

Menurut Doddy Effendi, Perumda Tirta Benteng mendapatkan hibah IPA Sitanala berkapasitas 500 liter per detik dari Kementerian PUPR yang belum lama ini telah di resmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

IPA Sitanala digunakan untuk mensuplai air bersih ke wilayah zona 2 yang meliputi empat kecamatan yakni Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Periuk, dan Kecamatan Jatiuwung.

“Proses pembangunannya sedang berjalan, dan semoga selesai tepat waktu,” ungkapnya.

Selain mendapat hibah dari Kementerian PUPR, Perumda Tirta Benteng Kota Tangerang juga memperoleh hibah sebanyak 51.415 pelanggan dari Perumdam Tirta Kerta Raharja. “Kita ketahui jika Perumda Tirta Benteng belum memiliki jaringan pipa (JDU) untuk mengaliri ke wilayah  tersebut, untuk kami membuka kerja sama melalui badan usaha yang sudah kami umumkan tahun lalu,” ungkap Doddy.

Sebagai informasi, dalam  proses pengadaan badan usaha tersebut Perumda Tirta Benteng meminta pemdampingan oleh Kejaksaan Negeri kota Tangerang, BPKP Provinsi Banten, Kementerian PUPR melalui Dirjen Pembiayaan, Inspektorat Kota Tangerang. “Untuk konsultannya sendiri  Perumda Tirta Benteng juga meminta pendampingan dari LAPI ITB,” terangnya.

Hal tersebut, ucap Doddy, dilakukan untuk menghindari potensi kerugian negara, tentunya untuk mendapatkan mitra kerja yang terbaik dengan standar kualifikasi sesuai kebutuhan dan memiliki pengalaman serta kemampuan dalam mengelola SPAM untuk wilayah pelayanan di zona 2 dan zona 3.(ydh)

Komentar Anda

comments