Cerdas dalam Dunia Digitalisasi jadi Modal Arief Wismansyah untuk Pimpin Banten

Palapanews.com- Arief R Wismansyah yang digadang-gadang untuk tampil dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Banten semakin kencang. Berbagai partai politik (parpol) yang membuka pendaftaran bakal calon Gubernur Banten pun disambanginya untuk mendapatkan menyamakan visi misi serta memperoleh kendaraan politik untuk tampil dalam Pemilukada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

Figur Arief R Wismansyah pun sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat karena pria yang baru saja memperoleh gelar Dokter ini telah memimpin selama 15 tahun di Kota Tangerang yang terdir dari 5 tahun menjadi Wakil Wali Kota Tangerang, dan 10 tahun menjabat sebagai Wali Kota Tangerang.

Ketika memimpin Kota Tangerang, berbagai program diluncurkan oleh pria kelahiran 1977 ini seperti pengembangan digitalisasi hingga program yang mampu menyentuh langsung kemasyarakat seperti bedah rumah.

Pria yang akrab disapa AW ini terbilang cerdas dalam pengelolaan atau pengembangan digitalisasi, sehingga berbagai program maupun keluhan dari masyarakat bisa terpantau dari sebuah telepon genggam miliknya.

Dengan kemahiran dalam pengembangan teknologi informasi ini bisa menjadi salah satu modal AW untuk dapat mengembangkan Banten untuk semakin sejahtera. Ya, Provinsi Banten yang didukung dengan 8 kabupaten/kota tentunya membutuhkan sosok atau figur yang memiliki sejuta ide cemerlang untuk lima tahun kedepan. Dengan kekuatan teknologi dan informasi tentunya sebuah tata kelola pemerintahan untuk melayani masyarakat akan semakin efektif dan efisien.

Hal ini dapat dilihat ketika Arief Wismansyah menggangungkan aplikasi Tangerang Live yang memiliki puluhan layanan ketika menjadi Wali Kota Tangerang. Aplikasi Tangerang Live ini merupakan sebuah portal aplikasi android dan ios milik Pemerintah Kota Tangerang yang didalamnya terdapat puluhan aplikasi seperti Layanan Aspirasi Kotak Saran Anda (LAKSA) yang merupakan wadah aduan dan aspirasi masyarakat di lingkungan sekitar yang langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah.

Selain mengembangkan teknologi untuk dapat melayani masyaranat, Arief juga mengembangkan teknologi yang untuk kalangan ASN. Teknologi yang dikembangkan pun juga telah terintegrasi dengan data kepegawaian dari Badan Kepegawain Negara (BKN) serta Data Pokok Pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artinya, kemajuan teknologi informasi selama kepemimpinan Arief R Wismansyah membawa kemajuan yang luar biasa di Kota Tangerang. Atas keberhasilan mengembangkan layanan berbasis teknologi informasi, berbagai pemerintah daerah se-Indonesia tak segan-segan untuk belajar ke Pemerintahan Kota Tangerang, bahkan ada juga pemerintah daerah yang mengadopsi berbagai menu layanan yang ada di aplikasi Tangerang LIVE yang nantinya dikembangkan di daerah tersebut. Dan, uniknya lagi jika adopsi tersebut diberikan secara gratis oleh Pemkot Tangerang kepada pemerintah daerah yang hendak mengadopsinya.

Kehadiran aplikasi Tangerang Live ini menjadi salah satu wujud dari penerapan smart city di Kota Tangerang. Langkah ini merupakan transformasi digital sehingga pengguna (masyarakat) dapat merasakan sebuah pelayanan yang cepat dari pemerintah daerah.

Smart City atau Kota Pintar ini memiliki enam kategori didalamnya yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment. Dengan konsep smart city yang telah diterapkan di Kota Tangerang ini secara otomatis bisa diterapkan juga pada Pemerintahan Provinsi Banten, sehingga pemerintah daerah dan masyarakat bisa terhubung dalam menyatukan visi agar Banten Maju dan Sejahtera ketika Arief R Wismansyah menang dalam Pemilihan Gubernur Banten 2024.

 

oleh: Ian Gondrong

Komentar Anda

comments