Sampah di TPA Rawa Kucing Overload, Transaksi Armada Hiasi Jalan Iskandar Muda

Palapanews.com Kondisi Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang nampaknya semakin krodit untuk dapat menampung sampah se-Kota Tangerang. Hal ini diliat dengan antrenya para armada kebersihan untuk membuang sampah ke TPA, sehingga warga yang melintas pun mengeluh.

TPA Rawa Kucing Kota Tangerang memiliki luas lahan sekitar 34 hektar ini, harus menampung 1.500 hingga 2.000 ton sampah per hari dengan kekuatan armada yang tersebar diseluruh Kota Tangerang.

Pada tahun 2015 silam, Wali Kota Tangerang sebelumnya dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada, mampu mengubah tampilan TPA Rawa Kucing terlihat indah. Dimana, di kawasan TPA Rawa Kucing dihiasi dengan taman edukasi, lapangan bola dengan hijaunya rumput, kolam ikan, tumbuhnya berbagai pepohonan, green house, kolam lindi hingga jogging track.

Namun, tampilan indah dari TPA Rawa Kucing itupun sirna karena semakinnya banyaknya sampah yang masuk ke TPA serta kurangnya penataan kawasan TPA Rawa Kucing. Warga yang melintas pun mengeluh karena kegiatan pembuangan sampah sudah memakan sebagian bahu jalan (Jalan Iskandar Muda) , sehingga mengakibatkan kemacetan.

Rohim, salah satu warga yang melintas menyampaikan, pembuangan sampah dari armada ke TPA dilakukan dipinggir jalan, dan tumpukan gunung sampah jaraknya juga sekitar dua meter dari jalan utama. “Sebenarnya ini seperti apa sih, kok armada sampah adanya dliluar TPA, mana antre panjang lagi, ” ujar Rohim, Minggu, 21 April 2024.

Pria berusia 55 tahun ini menambahkan, seharusnya  armada kebersihan ini adanya di dalam TPA Rawa Kucing karena beberapa waktu lalu, masuk dan keluarnya armada sampah ada di kawasan TPA.

“Kondisi seperti ini seharusnya ada penataan di kawasan TPA Rawa Kucing, tapi saya juga kurang tau, apakah tidak ada penataan atau sudah habisnya lahan TPA Rawa Kucing, sehingga kegiatannya adanya dipinggir jalan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ratna yang sangat menyayangkan kegiatan buang sampah ini adanya dipinggir jalan dekat TPA. Seharusnya Pemerintah Kota Tangerang melakukan berbagai inovasi untuk dapat menata TPA Rawa Kucing.

“TPA Rawa Kucing harus ditata karena jika tidak ya lahan seluas apapun akan habis secara bertahap,” imbuhnya seraya menambahkan, dirinya juga berterimakasih kepada petugas kebersihan yang telah mengangkut sampah warga tepat waktu. “Semangat terus untuk petugas kebersihan,” paparnya.(ydh)

Komentar Anda

comments