5 Rekomendasi Konsol Portable Retro Gaming Terbaik 2023

Palapanews.com- Bermain game bisa menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan kejenuhan saat sedang di rumah. Salah satu konsol yang bisa kamu manfaatkan untuk main game adalah konsol portable retro gaming.

Konsol portable retro gaming adalah sebuah perangkat yang sangat praktis untuk dimainkan. Karena kamu bisa membawa perangkat ini kemanapun kamu pergi dengan mudah dan praktis. Dengan demikian, kamu jadi tetap bisa bermain game dimanapun berada.

Nah, bagi kamu yang tertarik mencoba bermain game di konsol portable retro gaming, berikut ini 5 rekomendasi produknya yang terbaik:

Nintendo Switch Lite

Perusahaan Nintendo yang seolah – olah ingin menancapkan kuku di dunia game telah meluncurkan penerus handheld gaming console 3DS yang juga merupakan adik dari Nintendo Switch.

Switch Lite dirancang Nintendo dengan porsi yang ringkas, bentang layar selebar 5.5 inch, serta lebih kecil 15% dan lebih ringan 20% dibandingkan dengan sang kakak. Built-in controller pada konsol ini pun dirancang untuk menghadirkan kenyamanan, sehingga tidak akan membuat tangan kamu pegal saat dipakai bermain game dalam waktu yang lama.

Nintendo Switch Lite tersedia dalam tiga varian warna yaitu turqoise, black, dan yellow. Konsol portable retro gaming ini bisa digunakan untuk bermain game secara local wireless ataupun online play.

Asus ROG Ally

Diluncurkan di tahun 2023 ini, Asus ROG Ally hadir dengan desain yang bagus dan tampilannya pun keren. Saat digenggam, konsol game ini akan memberikan kenyamanan. Apalagi produk ini juga sudah dilengkapi dengan gamepad dari layout controller Xbox.

Selain itu, Asus juga membekali konsol game ini dengan layar sentuh IPS dengan 7 inci dan resolusi Full HD serta refresh rate hingga 120 Hz. Lebih menariknya lagi, layar konsol portable retro gaming ini sudah mendukung AMD FreeSync Premium serta memiliki kecerahan hingga 500 nits dan 100% sRGB.

Steam Deck

Steam Deck merupakan konsol portable retro gaming terbaru dari Valve yang berjalan dengan sistem operasi SteamOS. Perangkat ini memungkinkan kamu bisa memainkan ribuan game dari Steam Library langsung di Steam Deck. Dibekali dengan layar sentuh yang besar, kontroler yang ergonomis, dan menawarkan performa tinggi.

Konsol game portable ini menawarkan pengalaman bermain yang serupa dengan bermain game di PC. Kemudian berkat dukungan untuk aplikasi seperti Discord dan browser web, konsul ini pun berfungsi sebagai perangkat yang lebih serbaguna.

GPD Win 3

GPD Win 3 bisa menjadi alternatif jika kamu ingin memiliki konsol portable retro gaming yang terbaik. Sesuai dengan namanya, GPD adalah singkatan dari Gamepad Digital, sementara Win 3 mengarah pada sistem operasinya yaitu Windows 10 untuk memainkan game favorit.

Meskipun GPD Win 3 termasuk salah satu pemain lama, namun masih layak dimiliki berkat adanya prosesor Intel Generasi 11 serta didukung RAM DDR 16GB dan NVMe 1TB. Bahkan dengan konsul ini juga, kamu bisa merasakan layaknya bermain di PC berkat adanya keyboard mode QWERTY.

Evercade

Evercade merupakan konsol portable retro gaming yang sangat menarik untuk dimiliki. Hadir dengan dilengkapi sensor fingerprint yang akan memudahkan saat login. Kemudian ukuran layarnya selebar 5.5 inci dengan resolusi 720. Evercade menggunakan sistem cartridge namun dengan banyak game dalam satu cartridge.

Meskipun pada dasarnya ROM dari game yang ada di dalam cartridge berjalan dengan menggunakan emulator, namun semuanya dirancang agar bisa berjalan mirip seperti konsol aslinya. (red)

Komentar Anda

comments