GMLS Bareng UMN Gelar Kegiatan Arneyva, Harapkan Murid SD 03 Panggarangan Jadi Agen Komunikasi Bencana Sejak Dini

Palapanews.com – Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) bersama dengan mahasiswa MBKM Humanity Project Batch III UMN berkolaborasi dalam kegiatan Arneyva. Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran murid-murid akan upaya mitigasi bencana di SDN 03 Panggarangan.

Berlangsung pada Jumat, 10 Nopember 2023 lalu, kegiatan Arneyva asal kata Arneyva diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti samudera lautan, di mana dari kegiatan ini diharapkan seperti nama yang tertulis, yaitu murid-murid dapat menjadi agen komunikasi untuk menyebarkan pengetahuan terkait dengan mitigasi kebencanaan pada lingkungan sekitarnya secara luas layaknya samudera lautan.

Rangkaian kegiatan Arneyva terdiri dari sosialisasi terkait peta jalur evakuasi sekolah disertai dengansi mulasi kecil dan permainan board game yang berkaitan seputar mitigasi bencana. Peserta merupakan murid kelas 4-6 SDN 03 Panggarangan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Rini Sumarni, S.Pd selaku guru SDN 03 Panggarangan serta dihadiri oleh narasumber yaitu Layla Rashida Anis, Dayah Fata Fadilahdan juga Ulung Dinarja yang merupakan bagian dari Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS).

Kegiatan Arnyeva dilaksanakan untuk meningkatkan dan juga memberikan pembekalan kepada murid-murid, khususnya di SDN 03 Panggarangan dalam menghadapi adanya potensi bahaya gempa bumi dan tsunami yang terjadi. Diharapkan mereka juga sigap dan berani dalam menghadapi masa-masa darurat kebencanaan.

“Semoga dari event ini siswa-siswai bisa mendapatkan pengetahuan terkait mitigasi lebih lanjut agar bisa menginfokan kepada keluarga di rumah,” ucap Rini sekaligus berharap pengetahuan yang diberikan oleh kakak-kakak dari UMN dan pengetahuan ini bisa diterapkan dan disebarluaskan.

BACA JUGA :GMLS Gelar Tsunami Drill, Bangun Kesiapsiagaan Bencana Tsunami

Sementara itu untuk materi sosialisasi terkait peta jalur evakuasi sekolah dibawakan oleh Layla Rashida Anis, Dayah Fata Fadilah dan Ulung Dinarja dari Gugus Mitigasi Lebak Selatan. Pada bagian ini, peserta di perkenalkan terkait bencana alam gempa bumi dan tsunami serta penyebabnya diikuti dengan tindakan yang dapat mereka lakukan baik itu murid maupun guru. Selain itu juga ada pengenalan mengenai peta jalur evakuasi sekolah dan titik kumpul.

Setelah sosialisasi dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan praktik secara langsung berbentuk simulasi kecil diawali dengan para peserta melakukan drop, cover, hold. Lalu dilanjutkan dengan berkumpul di titik kumpul yang berada di lapangan tengah sekolah.

Kemudian kegiatan dilanjutkan kembali ke dalam ruangan untuk melakukan permainan board game yang merupakan rangkaian kegiatan akhir dari kegiatan Arneyva. Permainan board game berbentuk ular tangga dibuat untuk melakukan tes terhadap anak-anak akan informasi yang telah mereka dapatkan sebelumnya.

Pada akhirnya sosialisasi dan permainan board game ini, diharapkan dapat menjadi bekal murid-murid SDN 03 Panggarangan terkait dengan mitigasi kebencanaan yang diselenggarakan oleh Arneyva. (rls/bd)

Komentar Anda

comments