Gowes Kemerdekaan Jadi Pembuka Tangerang Digital Festival 2023

Palapanews.com- Tangerang Digital Festival 2023 di Kota Tangerang segera bergulir, yang ditandai Gowes Kemerdekaan 13 Kecamatan yang bakal digelar Sabtu pagi, 12 Agustus 2023. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menghadirkan serangkaian acara menarik yang berkaitan dengan teknologi dan digitalisasi untuk menyambut Hari Kemerdekaan, seperti, hiburan, konser musik, talkshow literasi digital, jalan sehat, nyoride, sampai pameran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Indri Astuti menuturkan Gowes Kemerdekaan 13 Kecamatan ini merupakan acara pembuka dari seluruh rangkaian acara yang ada di Tangerang Digital Festival 2023. Berbeda dengan acara gowes lainnya, Gowes Kemerdekaan 13 Kecamatan ini akan digelar dengan titik start yang berbeda-beda.

Nantinya, titik start akan dilakukan di Kantor Kecamatan masing-masing (total ada 13 kecamatan di Kota Tangerang), selanjutnya peserta gowes akan melakukan perjalanan menuju titik finish bersama-sama, yakni di Taman Elektrik Pusat Pemerintahan (Puspem), Kota Tangerang.

“Jadi, acara gowes ini akan dilangsungkan secara serentak pada 12 Agustus 2023 mendatang. Untuk rute yang akan dilalui, yakni bermula di Kantor Kecamatan masing-masing menuju titik finish bersama di Taman Elektrik Puspem, Kota Tangerang. Khusus yang ada di sekitar Kecamatan Tangerang, rutenya dibuat secara khusus dari Puspem Kota Tangerang, melewati Jalan Ahmad Yani, Jalan Daan Mogot, Jembatan Gerendeng, sampai kembali lagi ke titik finish yang telah ditentukan,ā€ ujarnya, Kamis, 10 Agustus 2023.

Ia melanjutkan, Gowes Kemerdekaan 13 Kecamatan ini juga dilengkapi keunikan-keunikan lainnya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Seperti, setiap rombongan gowes dari tiap kecamatan akan dipimpin oleh Camat masing-masing, terdapat parade sepeda hias dari tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta setiap peserta dihimbau menggunakan busana bertema adat, nasionalisme, pahlawan, dan merah putih.

“Tentunya ini akan menjadi acara yang sangat meriah karena diikuti ribuan peserta dari tiap OPD/BUMD bersama-sama dengan masyarakat se-Kota Tangerang. Ditambah, acara gowes ini terbuka untuk diikuti siapapun. Jadi, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk beramai-ramai meramaikan Tangerang Digital Festival 2023 di akhir pekan mendatang,” tambahnya.

Tangerang Digital Festival. Foto: Ist

Selain itu, Gowes Kemerdekaan 13 Kecamatan ini diharapkan mampu menjadi kampanye bagi Kota Tangerang untuk mempromosikan aktivitas yang ramah lingkungan, serta mengurangi emisi karbon dengan menggunakan sepeda sebagai media komuter yang asyik untuk dicoba. Serta, menjadi momentum untuk merangkul kebersamaan, kerukunan, dan gotong royong bagi masyarakat Kota Tangerang secara umum.

Sementara itu, Tangerang Digital Festival 2023 akan menggandeng Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan sekolah-sekolah se-Kota Tangerang untuk menghadiri serangkaian acara yang telah disiapkan. Pasalnya, tidak hanya karena momentum Hari Kemerdekaan, Tangerang Digital Festival 2023 juga mengangkat tema yang relevan dengan kebutuhan generasi muda khususnya pelajar di Kota Tangerang, yakni inovasi teknologi dan digitalisasi.

ā€œSesuai dengan koordinasi terakhir dengan pihak-pihak terkait, Tangerang Digital Festival 2023 bersama dengan Disdik Kota Tangerang dan PGRI Kota Tangerang akan mendatangkan ribuan pelajar untuk turut ambil bagian di Tangerang Digital Festival 2023 pada akhir pekan depan,ā€ ujar Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti.

Ia melanjutkan, ribuan pelajar yang akan meramaikan jalannya Tangerang Digital Festival 2023 tersebut dipastikan akan mendapatkan pengalaman yang berharga. Lanjutnya, ribuan pelajar tersebut akan mendapatkan kesempatan meramaikan Jalan Sehat Kemerdekaan dengan puluhan hadiah (door prize) bernilai total puluhan juta rupiah, serta pengalaman belajar secara langsung mengenai inovasi teknologi dan digital di pameran yang akan digelar dua hari penuh, pada 12-13 Agustus 2023 mendatang, bersama dengan kampus-kampus ternama di Kota Tangerang.

ā€œTentunya, tidak hanya menghadiri, ribuan pelajar se-Kota Tangerang nantinya dapat belajar secara langsung mengenai literasi, teknologi, dan inovasi digital yang akan disajikan lewat beragam acara, seperti talkshow literasi digital, dan pameran dari kampus-kampus di Kota Tangerang, yang berencana menampilkan beragam inovasi, mulai dari robotic sampai Virtual Reality (VR),ā€ jelasnya. (adv)

Komentar Anda

comments