KPG Sukses Gelar Nobar Offline #4 Laut Bercerita, Peringatan 25 Tahun Reformasi

Palapanews.com – Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) sukses menggelar Nobar Offline ke-4 Laut Bercerita, sejak status pandemi Covid-19 di Indonesia dicabut. Acara Nobar Offline # Laut Bercerita diselenggarakan pada 16 Mei 2023 di Bentara Budaya Jakarta.

Sementara itu Nobar pertama sukses digelar pada 11 Februari 2023 di Gramedia Emerald Bintaro, Tangerang Selatan. Kemudian Nobar kedua pada 3 Maret 2023 di Auditorium STMM “MMTC”, Yogyakarta, dan nobar ketiga pada 6 Maret 2023 di Balai Soedjatmoko, Solo. Event tersebut digelar masih dalam suasana peringatan 25 Tahun Reformasi.

Karena antusiasme yang luar biasa dari Sahabat Laut (panggilan sayang untuk pembaca Laut Bercerita), nobar keempat ini seperti yang terjadi di Solo, diselenggarakan dalam dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 17.00 WIB diisi dengan kegiatan pemutaran film saja dan sesi kedua pada pukul 19.00 WIB diisi dengan kegiatan pemutaran film, disertai sesi diskusi bersama beberapa narasumber, yaitu Leila S. Chudori, Pritagita Arianegara, Wisnu Darmawan, Lilik HS dan dimoderatori oleh Rane Hafied.

Film pendek “Laut Bercerita” sendiri diadaptasi dari novel “Laut Bercerita” (Leila S.Chudori, 2017) atas ide Yayasan Dian Sastrowardoyo dan Cineria Films. Laut Bercerita lewat buku dan film pendek menggugah kesadaran sejarah kelam Reformasi 98.

Film pendek ini meluncur bersama novelnya pada 12 Desember 2017 disaksikan para aktivis 1998, orangtua korban, kawan-kawan dari IKOHI dan KontraS, serta komunitas sastra dan film. Mereka yang terlibat di dalam film ini melakukannya dengan sukarela dan kepercayaan bahwa perlu banyak pengorbanan untuk mencapai gerakan Reformasi, yang berbuah mundurnya Soeharto Mei 1998 lalu.

“Reformasi adalah peristiwa bersejarah bangsa kita yang terlalu berharga untuk dilupakan dan lenyap tak berdampak. “Banyak karya seni, termasuk sastra, terbit untuk menghidupkan ingatan kolektif kita akan peristiwa tersebut. Laut Bercerita karya Leila S. Chudori adalah salah satunya,” terang Christina M. Udiani, manajer KPG yang juga editor buku-buku Leila S. Chudori.

Lebih lanjut, senior editor KPG tersebut, maka, untuk memperingati 25 tahun Reformasi, Penerbit KPG bekerja sama dengan Bentara Budaya Jakarta, Kompas Gramedia, Cineria Films, Yayasan Dian Sastrowardoyo, disponsori oleh Epson Indonesia, mengadakan nobar film pendek Laut Bercerita, yang diangkat berdasarkan novel terlaris karya Leila S. Chudori—yang sekarang telah memasuki cetakan ke-62 untuk versi softcover dan cetakan keempat untuk versi hardcover.

BACA JUGA : “Tribute to Remy Sylado” Ajang Kenang Sastrawan Indonesia Remy Sylado

Memasuki tahun keenam sejak diterbitkan pada Oktober 2017, Laut Bercerita masih begitu digandrungi dan terus menduduki puncak rak buku terlaris di berbagai toko buku, termasuk Gramedia. Acara nobar Laut Bercerita pun mendapatkan sambutan yang sama, dengan sebaran tiketnya yang selalu ludes dalam waktu kurang dari setengah jam.

Bahkan pembaca sering mengeluhkan menit pertama sudah full-booked, sehingga ada kesan orang harus siap “ticket-war” setiap pemutaran film pendek Laut Bercerita diumumkan. Pada Nobar Offline #4 Laut Bercerita, peserta dipastikan mencapai lebih dari 400 penonton. Itu pun masih banyak yang belum kebagian tiketnya dan berharap bisa mendaftar on the spot atau menerima hibah tiket dari pendaftar yang batal hadir.

Selain diskusi buku, pada acara ini akan diadakan juga sesi tanda tangan dan foto bareng penulis dan narasumber. Kemudian, akan ada penjualan kaos Laut Bercerita yang merupakan hasil kolaborasi dengan seniman Manado, Vivi Tanamal.

Kaos ini pertama kali dipublikasikan pada acara Mozaik Manado di Gramedia Sam Ratulangi pada 22 Oktober 2022. Gambar pada kaos ini juga dijadikan sebagai mural di Gramedia Sam Ratulangi Manado. Sebagian hasil dari penjualan kaos ini akan diberikan kepada IKOHI (Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia). (rls/bd)

Komentar Anda

comments